Parepare_ Pemerintah Kota Parepare dalam upaya mengawal dan mensukseskan penyelenggaraan Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota dan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Selatan membentuk Desk Pilkada di Kantor Walikota Parepare.
Desk Pilkada yang dipimpin langsung Penjabat Sekretaris Daerah Iwan Asaad melakukan video confrence dengan beberapa daerah yang menyelenggarakan pilkada serentak dengan didampingi langsung Kepala Kesatuan Bangsa dan Politik serta Kepala Bagian pemerintahan.rabu, 27 Juni 2018.
Pj Sekretaris Daerah Kota Parepare Iwan Asaad mengatakan, dibentuknya desk Pilkada dimaksudkan untuk melakukan pemantauan pelaksanaan pilkada, menginventarisasi dan mengantisipasi masalah-masalah terkait pelaksanaan pilkada.
Selain itu juga, Iwan menambahakan, Desk Pilkada berfungsi untuk memberikan saran-saran penyelesaian permasalahan pilkada jika ditemukan permasalahan pilkada.
“Jadi desk Pilkada ini nantinya akan memberikan update laporan perkembangan pilwalkot dan pemilihan gubernur langsung kepada menteri dalam negeri melalui dirjen otonomi daerah”jelasnya
Iwan juga menambahkan Desk Pilkada bukan sebagai penyelenggara tapi hanya membantu dalam mensukseskan pilkada.
Melalui dirjen otonomi daerah termasuk kalau ada masalah.
“Intinya bukan rekapitulasi yang diutamakan tapi bagaimana memperlancar dan mengetahui lebih dini persoalan persoalan yang terjadi,” jelasnya.
Sementara itu Kepala Bagian Pemerintahan Kota Parepare Andi Erwin menambahkan dibentuknya desk Pilkada oleh pemerintah Kota Parepare merupakan perintah dan arahan langsung dari menteri dalam negeri untuk mensukseskan pelaksanaan pilkada serentak 2018.