PAREPARE – Wali Kota Parepare HM. Taufan Pawe, melepas 122 Jamaah Calon Haji Kota Parepare Kloler 12 Embarkasi Hasanuddin Tahun 1439 H / 2018 M, di Gedung Barugae Rumah Jabatan Wali Kota Parepare, Kamis (19/07/2018).

Taufan mengatakan, para jamaah adalah orang-orang yang beruntung dan dimuliakan, karena diberikan kesempatan untuk menunaikan ibadah haji. Karena, kata dia, tidak semua umat muslim dapat diberikan kesempatan, untuk memenuhi panggilan Nabi Ibrahim melalui ibadah haji.

“Ada yang menunggu sampai menunggu puluhan tahun. Juga, berbagai pengorbanan dilakukan untuk dapat melaksanakan ibadah haji, namun tidak semua dapat memenuhi panggilan tersebut. Kita harus menyadari dan menjaga nilai akidah kita, dan berkomitmen tidak menduakan Allah, karena disitulah hakikat kita berhaji,” katanya.

Taufan mengungkapkan, Parepare sebagai Kota Ulama dan Kota Santri, pihaknya selaku Kepala Daerah wajib untuk memberikan nasihat, meskipun sebesar biji zarah. Sehingga, Parepare harus terdepan dari segi pembangunan keummatan.

“Semoga proses pelaksanaan ibadah haji kita dapat berjalan lancar, tertib dalam rangkaian ibadah haji, nikmat kesehatan dan iman. Mohon doanya yang tulus dan Ikhlas untuk Parepare, pemimpin dan masyakarat Parepare,” jelasnya.

Sementara, Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Setdako Parepare, Aminah Amin mengemukakan, dasar pelaksanaan kegiatan tersebut di antaranya, Undang-undang Nomor 13 Tahun 2008 tentnag Penyelenggaraan Haji, Perda Parepare Nomor 3 Tahun 2015 tentang Biaya Transportasi Haji, dan Keputusan Wali Kota Parepare Nomor 397 Tahun 2018.

“Kegiatan tersebut, dilaksanakan untuk mempererat silaturahmi antara Wali Kota Parepare dan jamaah calon haji. Pemberangkatan rencananya dilaksanakan pada Selasa 24 Juli 05.30 WITA, di Gedung Islamic Centre, dan sesuai jadwal akan diterima di Asrama Haji Sudiang Makassar, pada pukul 11.00 WITA,” paparnya.

Aminah menyebutkan, jamaah pada tahun ini akan berangkat bersama rombongan haji lainnya dari Makassar, Selayar dan Maluku. Adapun jumlahnya yang tersebar dari empat Kecamatan, katanya, Soreang 41,
Bacukiki Barat 39, Ujung 29, dan Bacukiki 13. Dari segi jenis kelamin, lanjut dia, laki-laki 27 dan perempuan 95, serta dari segi usia tertua 83 tahun dan termuda 23 tahun.

Aminah menambahkan, jamaah haji juga akan didampingi 3 orang petugas haji di antaranya, Tim Pembimbing Ibadah Haji (THPD) yakni Mustafa yang merupakan Kepala Kesbangpol Parepare, Tim Pembimbing Ibadah Haji (TPIH) Hasnah yang merupakan Kepala Seksi Haji dari Kementerian Agama Parepare, serta
Tim Kesehatan Ibadah Haji (TKIH) Aspiani, dari RSUD Andi Makkasau.