PAREPARE_ kembangkan pertanian modern di Kota Parepare, Walikota Parepare DR. HM. Taufan Pawe, menyerahkan bantuan 38 paket media hidroponik dan bibit tanaman sayur kepada puluhan masyarakat, untuk Kelurahan Tiro Sompe dan Bumi Harapan, di aula Kantor Dinas Ketahanan Pangan Parepare, Jum’at (03/08/2018).

Dalam kegiatan tersebut, Taufan Pawe didampingi, Ketua Tim Penggerak PKK Parepare Ernawati Rasyid Taufan, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Laetteng, dan masyarakat penerima bantuan.

Taufan mengatakan, menanam sayur dengan media hidroponik, diyakini mampu memenuhi kebutuhan pangan sehat, bagi masyarakat, di tengah terbatasnya lahan yang ada. Sehingga, kata dia, pihaknya mengajak masyarakat untuk mengembangkan sistem tanam dengan media hidroponik.

Taufan menjelaskan, perkembangan tanaman pangan dengan metode media hidroponik di Parepare, merupakan bentuk dukungan Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare, dalam melaksanakan program ketahanan pangan nasional, yang telah dicanangkan oleh pemerintah pusat.

“Ketahanan pangan kita harus diperkuat. Karena, tidak semua daerah memiliki potensi alam, salah satunya di Parepare yang memiliki potensi alam yang terbatas. Oleh karena itu, mari kita bersama-sama berfikir bagaimana Parepare lebih maju ke depan, dalam berbagai dimensi dan variabel kehidupan,” ungkapnya.

Taufan mengemukakan, program peduli pangan yang telah terlaksana dengan baik di Parepare, menjadikan Parepare mampu menyamai daerah Lain yang punya sumber daya alam. Oleh karena itu, katanya, ke depannya dibutuhkan teknologi tinggi, untuk pengembangan program peduli ketahanan tersebut. Terlebih, jelas dia, pertumbuhan tanaman pangan berkualitas dengan cara media hidroponik di Parepare, berjalan cukup baik.

“Ke depannya, dalam mengembangkan program tersebut, kami siap menambah anggarannya. Karena, saat ini masih dua Kelurahan, dan kita ingin tingkatkan menjadi 22 Kelurahan,” katanya.

Sementara, Plt. Kadis Ketahanan Pangan, Laetteng menambahkan, bantuan hidroponik yang diberikan berupa, pupuk, benih sayuran, bayam, selada, sawi, kangkung, dan cabai. Bantuan tersebut, kata dia, merupakan wujud kepedulian Pemkot Parepare terhadap masyarakat, khususnya petani ladang.

“Mudah-mudahan bantuan tersebut bermanfaat bagi masyarakat, dan dapat dimanfaatkan secara maksimal,” pungkasnya.