PAREPARE_Upaya meningkatkan mutu pendidikan di Kota Parepare, Pemerintah Kota (Pemkot) terus berupaya untuk fokus memajukan pendidikan yang ada di Kota Kelahiran Presiden ke-3 RI, Prof. Dr. Ing. H. Bacharuddin Jusuf Habibie.

Seperti halnya hari ini, Senin (6/8/2018), Pemkot Parepare, kembali melakukan pertemuan dengan perusahaan ternama dari Jepang yang menjalankan program kerjasama sejak awal, yaitu program ekstrakurikuler yang dinamai, Gakken After School.

Pertemuan kali ini ada yang berbeda, sebab, Presiden Direktur Gakken Educarional, CO.LTD, Toru Tsuchiya, turut hadir, untuk melihat perkembangan siswa parepare setelah diterapkannya program Gakken After School itu.

Wali Kota Parepare, HM.Taufan Pawe saat membuka pertemuan itu memaparkan, melalui program kerjasama yang telah berjalan dengan perusahaan itu, tentunya berharap karakter anak-anak semakin terbentuk.

“Saya ingin membuktikan ke masyarakat luas, termasuk ke masyarakat nasional, bahwa hadirnya Gakken di Kota Parepare ini, betul-betul dapat membawa manfaat Indonesia ke depan,” paparnya.

Bukan tanpa alasan, lanjut Taufan, Pemerintah Kota (Pemkot) pun berusaha sekuat tenaga, meyakinkan kepada pihak gakken untuk melihat apa yang diperjuangkan pihaknya.

“saya menyadari bahwa gakken ini adalah perusahaan papan atas dibidang pendidikan di Jepang, gakken tertarik untuk kerjasama bukan hanya dengan Negara Korea, akan tetapi Parepare juga,” jelasnya.

Selanjutnya, Pemkot yang ada saat ini, kata Taufan lagi, adalah bagaimana agar dapat menyemangati lahirnya bibit-bibit generasi penerus dan pelanjut cita-cita bangsa ini.

“Hal ini terbukti, dalam waktu yang tidak lama, akan hadir Institute Teknologi Habibie (ITH). Ini adalah tanda-tanda positif bahwa proses pendidikan saat ini memang fokus terhadap SDM manusia,” beber Taufan.

Program gakken yang telah berjalan saat ini pun diakui oleh Presiden Direktur Gakken, Toru Tsuchiya, kata dia, melihat pendidikan saat ini di Parepare mendapat kesan baik bagi mereka.

“Guru-guru sangat rajin dalam tugasnya, benar-benar mendengarkan kata-kata kami (program yang dijalankan), semangat kuat siswa pun terlihat dengan diterapkannya program gakken after school itu,” ungkap Torus, yang ditranslate juru bahasanya

Saat ini, lanjut dia, program kerjasama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare yang sedang berjalan ditujukan kepada kelas 2 dan 3, sudah berjalan sesuai dengan program yang digagasnya di Jepang.

“Kedepan kami juga akan ada program kerajasama lagi dalam bidang PAUD untuk membentuk karakter anak-anak di Parepare sejak dini,” harapnya.