PAREPARE — Pemerintah Kota Parepare melalui Dinas Pertanian, Kelautan dan Perikanan (PKP) menggelar penyerahan bantuan perahu mesin katinting dan kartu asuransi nelayan terhadap masyarakat Sumpang Minangae, yang digelar di Warkop Chilos, Selasa (4/12/2018).

Panitia acara, Abdullah menyampaikan apresiasinya atas anggaran yang disiapkan Pemerintah Kota melalui pagu wilayah, sehingga program ini berjalan.

“Sekitar delapan perahu mesin katinting yang diserahkan untuk nelayan di Sumpang Minangae, bersumber dari APBD 2018,” kata Kepala Bidang Nelayan Kecil pembudidayaan Badan Usaha Perikanan Dinas PKP Parepare, Abdullah.

Selain itu, lanjut Abdullah, Pemkot Parepare juga menyerahkan kartu asuransi terhadap 52 nelayan, dari Kementerian Kelautan Perikanan.

“Termaksud penyerahan klaim asuransi sekitar Rp80 juta untuk tiga keluarga nelayan yang telah almarhum,” jelasnya.

“Masing-masing, keluarga Alm. Hajar Kelurahan Kampung Baru Rp. 40 juta, Keluarga Alm. Kasim Kelurahan Wt. Soreang Rp20 juta dan Keluarga Alm. Yakub Kelurahan Lumpue Rp20 juta,” bebernya.

Pada kesempatan itu, Taufan Pawe berharap, agar program dan bantuan yang diterima nelayan dapat bermanfaat.

“Bantuan nelayan bakal terus kita tingkatkan. Tidak hanya perahu maupun peralatan, namun juga keselamatannya yang kita asuransikan,” ujarnya.

Menurut Taufan, program yang dicanangkan pemerintah tidak lepas dari kepentingan rakyat. Karena itu, kesejahteraan dan keselamatan masyarakat menjadi prioritas.

“Tidak hanya bantuan fisik, tapi juga pelayanan dasar menjadi tanggungan pemerintah,” katanya.