PAREPARE — Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare melalui Dinas Pertanian, Kelautan dan Perikanan menggelar penyerahan penghargaan dan uang pembinaan terhadap kelompok ternak berprestasi tahun anggaran 2018, di Baruga’e Rumah Jabatan Walikota, Selasa (11/12/2018).

Pada kesempatan itu, Wakil Wali Kota Parepare, Pangerang Rahim mengapresiasi lomba kelompok ternak yang merupakan agenda tahunan Dinas PKP. Kegiatan ini merupakan wujud pemerintah sebagai upaya meningkatkan produktivitas peternakan di Kota Parepare.

“Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan, pemahaman, keterampilan serta jadi momentum pembinaan kelompok ternak secara lebih optimal dan berdaya saing, unggul dan mandiri” jelasnya.

Menurutnya, penyerahan penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi pemerintah terhadap kelompok yang telah berhasil mengembangkan usaha peternakannya.

“Mulai dari pemilihan bibit ternak, pemeliharaan dan pemberian pakan olahan, penanganan kesehatan hewan hingga sistem perkawinan ternak,” katanya.

Pangerang Rahim menyampaikan, pembangunan sub-sektor peternakan merupakan bagian dari pembangunan sektor pertanian, dimana dinilai strategis dalam memenuhi kebutuhan pangan.

“Karena itu, Pemkot Parepare telah melakukan berbagai langkah dan kebijakan, agar menjaga ketersediaan pangan khususnya daging,” bebernya. (*)
_

PR : Jadikan Parepare Sebagai Pusat Pemrosesan Daging Sapi Kemasan

PAREPARE — Wakil Wali Kota Parepare, Pangerang Rahim berharap menjadikan Parepare sebagai pusat pemrosesan daging sapi kemasan atau meat box. Ini disampaikannya usai menyerahkan penghargaan kepada kelompok ternak di Baruga’e Rumah Jabatan Walikota, Selasa (11/12/2018).

“Kita ingin mengembangkan dan meningkatkan populasi ternak sapi, termaksud dalam pengolahan hasil ternaknya. Serta menjadikan Parepare sebagai pusat pemrosesan daging sapi kemasan atau meat box yang higienis,” jelasnya.

Menurut Pangerang, peran serta seluruh stakeholder terkait seperti pihak swasta, perbankan, industri, perguruan tinggi, balai penelitian, para penyuluh dan lainnya sangat diperlukan dalam meningkatkan produktivitas peternakan di Kota Parepare.

“Saya berharap, dengan adanya penyerahan penghargaan bagi kelompok ternak ini dapat menjadi inspirasi, sekaligus dapat memotivasi bagi peternak,” katanya.

Selain itu, saya berpesan agar dana pembinaan untuk kelompok ternak yang diterima dapat dimanfaatkan dengan baik untuk mengembangkan usaha peternakan. (*)