PAREPARE — memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN), Pemerintah Kota Parepare bersama Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Forum Komunitas Hijau (FKH) dan elemen masyarakat menggelar aksi bersama bersih sampah laut, di pesisir pantai pasar Lakessi, Selasa (26/2/2019).

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Parepare, Iwan Asaad, menyampaikan apresiasinya atas pelaksanaan aksi bersama bersih sampah laut yang merupakan salah satu wujud kepedulian dan sinergitas bersama menciptakan lingkungan bersih dan sehat.

“Saya sangat apresiasi, kegiatan seperti ini mesti mendapat respon positif demi kelestarian lingkungan kawasan pesisir,” ujarnya.

“Menurutnya, konsep sinergitas yang dapat dilakukan dalam mengatasi permasalahan sampah yaitu dengan Integrate Coastal Zona Management (ICZM) atau bersama seluruh elemen.

“Terkhusus perhatian masyarakat
kawasan pesisir untuk selalu menjaga dan mengendalikan sampah yang berdampak terhadap laut, terutama di garis pantai,” kata Iwan, yang juga merupakan Plt Kadinkes Parepare.

Iwan Asaad menambahkan sampah yang berserakan di wilayah pesisir pasar lakessi adalah ulah orang tidak bertanggung jawab dan tidak peduli akan kebersihan lingkungan.
“sampah yang menumpuk di Pasar Lakessi adalah ulah dari para pedagang yang membuang sampah dan mereka harus diberikan pemahaman bahwa itu adalah pencemaran lingkungan apalagi kalau sampahnya di buang ke laut, bisa sangat berbahaya,” tegas Iwan Asaad.

Iwan mengharapkan, agar kerja bakti tersebut dapat dilakukan secara berkesinambungan guna mewujudkan budaya bersih, tertib serta pengelolaan sampah yang produktif.