PAREPARE – Komitmen Wali Kota Parepare DR. HM Taufan Pawe untuk memberikan hak dasar dan pelayanan dasar kepada seluruh masyarakat Kota Parepare tanpa terkecuali diperlihatkan dengan komitmennya dalam mendukung Undang-undang nomor 6 tahun 2018 tentang Karantinaan Kesehatan.

Sebagai tulang punggung dalam memberikan layanan dan proteksi terhadap penyakit, Wali Kota Parepare memberikan apresiasi atas lahirnya undang undang tersebut dalam mewujudkan ketahanan kesehatan bangsa melalui penyelenggaraan kekarantinaan kesehatan.

Sosialisasi yang di gelar di Aula Dinasty, selain dihadiri oleh Wali Kota Parepare juga dihadiri Ketua DPRD Kota Parepare, Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan kelas I Makassar. Rabu (6/3/2019).

Wali Kota Parepare, HM Taufan Pawe mengatakan, hadirnya UU nomor 6 tahun 2018 ini tertuang keterlibatan Pemerintah Daerah terkait kekarantinaan kesehatan.

“Saya cermati, Undang-Undang ini memberikan peran pemerintah daerah, baik kabupaten/kota maupun provinsi agar terlibat sebagai pelindung dan mengantisipasi potensi kesehatan masyarakat,” bebernya.

Menurut Taufan, Banyak potensi penyakit yang dapat menyebar ke masyarakat luas, karena itu mesti diantisipasi dengan kehadiran kerja -kerja penyelenggaraan kekarantinaan kesehatan.

“Arus keluar masuk di pelabuhan Parepare semakin besar, baik barang maupun manusianya. Dibutuhkan kerja intensif dari kantor kesehatan sebagai upaya pencegahan penyakit menyebar,” ujarnya.

Panitia penyelenggara, Hj Aisah Sukri menjelaskan, sosialisasi digelar dengan tujuan sebagai upaya mengendalikan penyakit di sejumlah wilayah.

“Kita harap, dengan lahirnya UU ini jadi momentum yang memicu semangat bekerja, khususnya di bidang kekarantinaan kesehatan,” katanya.