Parepare_Bagian Humas dan Protokoler Sekretariat Daerah Kota (Setdako) Parepare menggelar Rapat Badan Koordinasi Kehumasan (Bakohumas). Rapat yang menghadirkan seluruh elemen kehumasan baik SKPD lingkup Pemkot Parepare, maupun TNI/Polri, Kejaksaan, serta BUMN/BUMD sekaligus membentuk grup yang dinamai Bakohumas Parepare.
Kepala Bagian Humas dan Protokoler Setdako Parepare, M Anwar Amir mengatakan, hal itu dilakukan untuk menjalin sinergitss antara sesama humas agar dapat saling berbagi informasi dan solusi tentang kehumasan.
“Kita berharap saling membagikan informasi, saling sharing solusi yang terjadi di lembaga masing-masing,” ujar M Anwar Amir.
Rapat Bakohumas dibuka Plt Asisten III, Jamaluddin Achmad di Ruang Data Setdako Parepare, Jumat, (9/8/2019).
“Kegiatan awal kita bentuk grup WhatsApp untuk memperlancar komunikasi. Setiap permasalahan dan pencitraan akan dilempar ke grup WA. Jika memang berdampak bagi kelangsungan masyarajat luas, maka kami akan memback-up untuk diteruskan ke media,” papar Anwar
Sementara itu, dalam sambutan Walikota Parepare DR. HM Taufan Pawe yang dibacakan Asisten Tiga Bidang Administrasi Umum Jamaluddin Achmad menyampaikan Bakohumas agar senantiasa memberikan informasi kepada rakyat. “Rakyat jangan sampai menunggu mendapatkan informasi dari pemerintah. Karena itu tugas dari GPR (Government Public Relation) ada dua hal baik untuk kepentingan daerah sendiri maupun untuk kepentingan global.
“Tugas Bakohumas (Badan Koordinasi Kehumasan) adalah memberikan informasi kepada seluruh lapisan masyarakat di seluruh wilayah Kota Parepare dengan berbagai informasi baik apa yang telah, sedang dan akan dilakukan kedepan,”jelasnya.
Jamaluddin menambahkan Guna melaksanakan hal itu diperlukan Strategi yakni semua, lembaga wajib menyampaikan informasi melalui media mainstream bila ingin berkomunikasi ke publik, baik informasi melalui media cetak, TV, Radio, Online, media sosial. Dan kegiatan BTL seperti forum, dialog publik, atau konferensi pers,“ jelasnya.
Diakhir sambutannya, Jamaluddin menyampaikan perlunya penguatan humas pemerintah agar semakin terkoordinasi dengan baik dan dapat memahami persoalan-persoalan pemerintah baik dilingkungan K/L-nya sendiri, maupun K/L lainnya. Oleh karena itu, momen berkumpulnya para pranata humas melalui kegiatan Rapat Badan Koordinasi Hubungan Masyarakat (Bakohumas) sangat bermanfaat untuk memperkuat koordinasi humas kehumasan sebagaimana amanat Inpres No. 9 Tahun 2015 tentang pelaksanaan Kehumasan Pemerintah dan koordinasi antar K/L dalam konteks kehumasan.