Makassar_ Wali Kota Parepare DR. HM Taufan Pawe menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) Peningkatan Akses dan Mutu Pendidikan se-Sulawesi Selatan, diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Kegiatan yang berlangsung 18 – 19 Agustus 2019, digelar di Hotel Claro, Makassar.
Rakor yadibuka Sekretaris Jenderal Kemendikbud RI, Didik Suhardi juga dihadiri Gubernur Sulsel, Prof. M. Nurdin Abdullah, para bupati dan wali kota serta kepala Dinas Pendidikan se-Provinsi Sulawesi Selatan.
Dalam rakor tersebut, anggota VI BPK RI, Prof. Harry Azhar Azis tampil sebagai keynote speaker. Dia menyatakan, bahwa keberhasilan pendidikan nasional memerlukan komitmen tinggi dari pimpinan daerah, untuk bersama-sama dengan pemerintah pusat.
“Dan yang lebih utama, kesadaran pimpinan daerah untuk memprioritaskan anggaran pendidikan dalam APBD, sesuai dengan amanat dalam UUD 45 sebesar 20 persen APBD,” kata Prof. Harry.
Wali Kota Parepare yang didampingi Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Kepala Bagian Humas dan Protokoler Kota Parepare dan Sekretaris Dinas Pendidikan menyampaikan Rakor peningkatan mutu pendidikan ini membahas mengenai kebijakan dan komitmen bersama kepala daerah dalam memprioritaskan anggaran sebesar 20% dalam APBD sesuai dalam amanat UUD 1945.
Dalam rakor ini, juga diisi diskusi panel dengan materi pemerataan mutu, serta akses layanan pendidikan di Indonesia oleh Sekjen Kemendikbud, Didik Suhardi.
Kemudian dilanjutkan dengan sosialisasi Rumah Belajar, solusi pembelajaran era revolusi industri 4.0, yang dibawakan oleh, Gogot Suharwoto dari Pusat Teknologi dan Komunikasi Kemendikbud.