Parepare_ Gubernur Sulawesi Selatan Prof Nurdin Abdullah sepulangnya dari Kabupaten Toraja Utara menyempatkan diri melihat secara langsung progres pembangunan tahap ketiga Rumah Sakit Hasri Ainun Habibie yang berlokasi di kawasan Tonrangeng Riverside. Kamis (22/8).
Setibanya dilokasi pembangunan Rumah Sakit, Walikota Parepare DR. HM Taufan Pawe langsung memperlihatkan design gambar dan juga mengajak Gubernur dan rombongan untuk melihat kondisi lantai perlantai yang sudah mulai dikerjakan.
Usai berkeliling, Bupati Bantaeng dua periode ini merasa takjub melihat grand desin dan lokasi dari rumah sakit Hasri Ainun Habibie. “Jujur saja saya takjub melihat design dan posisi rumah sakit sangat strategis dan menang di view, semua sudut bisa kita lihat, gunung, laut, sungai dan teluk. saya ingin mengatakan mungkin saja ada pasien belum dirawat sudah sembuh,” Kata Nurdin Abdullah.
Tambahnya lagi, Rumah Sakit Hasri Ainun Habibie pada kenyataannya memiliki potensi yang sangat besar selain Kota Makassar, Parepare merupakan daerah pertemuan yang sangat potensial untuk dikembangkan menjadi rumah sakit rujukan. “selama ini rujukan dari selatan ke makassar semuanya di rujuk ke makassar, kita berharap Rumah sakit regional ini menjadi Rumah sakit rujukan untuk daerah Barat dan Timur,” harapnya.
Nurdin Abdullah menjelaskan lebih jauh mengenai harapannya untuk menjadikan rumah sakit Hasri Ainun Habibie menjadi Medical Tourism dan menurutya potensi yang dimiliki tidak kalah dari Malaysia dan Sigapura, apalagi menurutnya tenaga dokter yang dimiliki juga tidak kalah. “Mudah mudahan kalau ini jadi orang tidak lagi berpikir untuk ke Penang tapi ke Kota Parepare,” harapnya.
Gubernur yang sering di panggil Prof Andalan ini juga mengharapkan ke Walikota Parepare untuk maksimal dalam membangun Rumah Sakit Hasi Ainun Habibie dan menjadikannya andalan di timur Sulawesi.
“Insya Allah Desember selesai, dan tentunya Propinsi memiliki tanggung jawab untuk menghadirkan layanan kesehatan secara adil dan merata,” Kata Prof Andalan.
Sementara itu, Walikota Parepare DR. HM Taufan Pawe menyampaikan pembangunan rumah sakit Hasri Ainun Habibie bisa selesai tepat waktu “insya Allah akhir tahun pembangunan bisa di rampungkan dan difungsikan. Kita maksimalkan dan menggenjot pekerjaannya agar bisa selesai tepat waktu,” katanya.
Walikota yang bergelar Doktor Hukum ini menambahkan, pembangunan Rumah Sakit Hasri Ainun Habibie sesuai dengan harapan dengan menjadikan Rumah Sakit Hasri Ainun Habibie sebagai rumah sakit rujukan regional yang dilengkapi dengan tenaga ahli dan fasilitas yang memadai.
Pembangunan Rumah Sakit Hasri Ainun Habibie pada pembangunan tahap III ini menelan anggaran sebesar 75 miliar yang berasal dari bantuan dana pembangunan dari Pemerintah Propinsi Sulawesi Selatan.