PAREPARE,- Musibah banjir bandang yang terjadi di Masamba Kabupaten Luwu Utara, direspon cepat  Pemerintah Kota Parepare dengan menginventarisir kebutuhan masyarakat  yang terdampak dan segera menyalurkan bantuan ke Masamba.

Rencana penyaluran bantuan dirapatkan secara  virtual oleh jajaran Pemkot Parepare, Rabu, 15 Juli 2020.

Sekda Kota Parepare, H Iwan Asaad mengatakan, Pemkot Parepare ikut prihatin dengan bencana  yang terjadi di Masamba, Lutra.

Karena itu, sebagai wujud kepedulian, Pemkot Parepare berencana menggalang dan menyalurkan bantuan ke Masamba.

“Kami mengajakmasyarakatParepareikutsertabersamaPemdaturutmembantusaudara-saudarakita di Masamba, Luwu Utara,” harap Iwan Asaad.

Saat ini BPBD Parepare tengah berkoordinasi dengan  BPBD Lutra terkait kebutuhan mendesak masyarakat terdampak bencana di Lutra.

“Kebutuhan-kebutuhan mendesak yang kita inventarisir. Jadi yang mendesak itu bantuan berupa beras, mi instan, air mineral, perlengkapan perempuan, perlengkapan bayi,  perlengkapan mandi, dan lainnya. Segera kita kumpulkan dan salurkan melalui tim yang kita kirim ke Masamba,” ungkap Iwan.

Asisten Administrasi Umum Pemkot Parepare, Haryanto mengatakan, dalam penggalangan bantuan, SKPD dan semua pihak dimohon kesediaan untuk berpartisipasi secara sukarela.

Dalam penggalangan bantuan ini, Pemkot membuka posko di Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Komplek Call Centre 112 Terpadu, Jalan Jenderal Sudirman, Parepare. Wali Kota Parepare, Dr HM Taufan Pawe juga merespon aksi tanggap jajaran Pemerintah Kota dan berharap penanggulangan bencana dapat tertangani dengan baik.