PAREPARE,- Kota Parepare cegah dini stunting. Melalui program Parepare Peduli Cegah Stunting resmi diluncurkan Gerakan Konsumsi Vitamin Angel.

Gerakan ini diluncurkan Ketua TP PKK Parepare sekaligus Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Parepare, Hj Erna Rasyid Taufan di Barugae, Rumah Jabatan Wali Kota Parepare, Jumat, 24 Juli 2020.

“Parepare Peduli Cegah Stunting ini penting demi menyiapkan generasi masa depan anak bangsa yang sehat, cerdas, dan lebih baik,” kata Erna Rasyid Taufan.

Erna Rasyid Taufan menekankan pada surah Al-Baqorah 233 tentang anjuran Alquran bagi ibu menyusui selama 2 tahun untuk cegah stunting.

Hadir saat peluncuran, Plt Kepala Dinas Kesehatan Parepare, Dr Hj Halwatia dan jajaran, Asisten I Hj Amina Amin, Direktur RSUD Andi Makkasau, dr Hj Renny Anggraeny Sari, Camat Bacukiki Barat, Fitriany, serta pengurus dan kader PKK Parepare.

Kepala Bidang Pelayanan, Promosi dan SDK Dinas Kesehatan Parepare, Kasna, SST, MKeb mengemukakan, setiap wanita hamil dan menyusui mengalami peningkatan kebutuhan zat gizi termasuk kebutuhan vitamin dan mineral.

“Di samping ibu hamil menkonsumsi makanan bergizi, Vitamin Angel hadir sebagai pelengkap dengan kandungan 15 macam zat gizi yang dikemas dalam bentuk vitamin dan mineral. Semakin cepat seorang ibu hamil mengkonsumsi vitamin dan mineral, manfaatnya semakin besar terhadap kualitas kesehatan ibu dan bayi,” ungkap Kasna.

Kasna menekankan, Vitamin Angel (malaikat) sesuai dengan namanya, membantu turunkan anemia (kurang darah), pencegahan rabun senja, dan gejala lain yang berhubungan dengan defisiensi (kekurangan) vitamin dan mineral.

Vitamin ini membantu meningkatkan daya tahan tubuh (imunitas), meningkatkan berat badan lahir, membantu pertumbuhan fisik dan meningkatkan perkembangan kognitif anak yang akan berdampak pada penurunan privalensi stunting, Penurunan Angka Kematian Bayi (AKB) dan Angka Kematian Ibu (AKI).

“Untuk memperoleh Vitamin Angel, ibu hamil dapat memeriksakan kehamilannya di Puskesmas mulai pekan depan,” ingat Kasna