PAREPARE,- Wali Kota Parepare Dr.HM.Taufan Pawe, SH.MH menyerahkan remisi narapidana Lapas usai pelaksanaan upacara bendera peringatan HUT RI ke-75 di halaman kantor Walikota Parepare, Senin, (17/8/2020).

Pemberian remisi atau pengurangan masa pidana diberikan kepada narapidana yang telah memenuhi syarat administratif maupun substantif sebagaimana telah diatur dalam UU Nomor 12 tahun 1995.

Kepala Lapas Kelas IIA Parepare, Indra S Mokoagow mengatakan, dari 303 warga binaan itu, empat di antaranya dinyatakan bebas.

Keempat warga binaan yang bebas itu merupakan napi pada kasus perlindungan anak, pencurian, dan narkoba.

“Yang mendapat remisi adalah warga binaan yang kami nilai berkelakuan baik dan berperan aktif pada setiap program pembinaan yang kami lakukan,” ujar Indra.

“Isi lembaga pemasyarakatan kelas IIA Parepare berjumlah 477 orang, namum yang memenuhi syarat untuk mendapatkan remisi umum pada HUT RI tahun ini, sebanyak 303 orang, yaitu yang memdapatkan RU I 299 orang, dan RU II 4 orang,” terang Indra.

Ia berharap, remisi ini merupakan stimulus bagi warga binaan untuk berkelakuan baik dan berperan aktif dalam program pembinaan yang dilakukan oleh Lapas