PAREPARE,- Pemerintah Kota Parepare melalui Dinas Perdagangan (Disdag) merelokasi ratusan pedagang untuk menempati Pasar Rakyat Lakessi yang baru saja dibangun.

Plt Kepala Dinas Perdagangan Kota Parepare, Hasan Ginca mengatakan, pemindahan para pedagang ini adalah mereka yang terkena dampak relokasi saat Pasar Rakyat Lakessi dibangun.

Proses relokasi sekaligus menata pedagang sesuai dengan jenis jualannya. Pedagang dibagi, ada yang menempati los khusus pangan basah dan pangan kering.

“Jadi hari ini kita pindahkan kembali berdasarkan data itu dengan rincian yaitu pedagang basah sebanyak 110 los, pedagang kering 176 los, dan kios sebanyak 27. Jadi keseluruhannya sebanyak 313 yang merupakan kios dan los pangan basah dan pangan kering,” ungkap Hasan Ginca di sela relokasi, Minggu, 11 Oktober 2020.

Hasan mengemukakan, relokasi pedagang dan ditata sesuai jenis jualan agar pasar sentral di Parepare ini lebih rapi dan bersih tidak terkesan semrawut. “Ini sesuai harapan Bapak Wali Kota agar masyarakat pedagang ini betul-betul dikawal hingga kembali menempati tempat hak mereka yang telah ditata,” tegas Hasan.

Hasan menambahkan, proses pendataan dan registrasi pedagang ditarget 2 hari, dan akan diupayakan relokasi rampung pada Selasa, 13 Oktober 2020.

“Untuk menjamin tidak ada tebang pilih atau keberpihakan dalam proses relokasi dan penempatan los, pedagang akan diundi. Mereka akan menempati los dan kios sesuai hasil undian,” tandas Hasan yang juga Kepala Dinas Sosial Parepare.