MAKASSAR,- Wali Kota Parepare DR.HM.Taufan Pawe, SH.MH saat membuka Bimtek perbendaharaan keuangan 2020 di Hotel Claro Makassar mengungkapkan Inovasi Kota Parepare bakal bersaing ditingkat dunia. Kamis, 15 Oktober 2020.

Inovasi yang diciptakan Pemkot Parepare melalui Dinas Pertanian Kelautan dan Perikanan yakni Berdaya Srikandi Oleh Srikandi menembus nominasi penghargaan publik tingkat dunia.

Berdaya Srikandi Oleh Srikandi adalah satu dari 12 lnovasi Pelayanan Publik Indonesia yang masuk nominasi untuk mengikuti ajang United Nations Public Service Awards (UNPSA) Tahun 2021. UNPSA adalah penghargaan inovasi pelayanan publik internasional yang diadakan Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB).

Kepastian ini terungkap setelah Pemkot Parepare mendapatkan undangan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) untuk FGD Pendampingan dan Bimbingan Inovasi Pelayanan Publik Indonesia untuk UNPSA 2021. “Salah satu inovasi pada instansi Bapak/Ibu menjadi inovasi yang diusulkan untuk diajukan pada UNPSA 2021 sesuai daftar pada lampiran,” demikian bunyi surat undangan itu.

KemenPAN-RB telah melakukan seleksi terhadap inovasi pelayanan publik yang memenuhi syarat dan kriteria serta mempunyai potensi keberhasian dalam UNPSA 2021. Berdaya Srikandi Oleh Srikandi inovasi Pemkot Parepare (Dinas PKP) dinilai memenuhi syarat dan kriteria dimaksud.

Bahkan dari daftar lampiran 12 inovasi yang diusulkan, hanya Parepare satu-satunya dari Indonesia Timur. Inovasi lainnya adalah dari Kementerian LHK, KemenPAN-RB, BPJS Ketenagakerjaan, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional, Pemprov DKI Jakarta, Pemprov Jawa Timur, Pemkab Banyuwangi, Pemkab Kulon Progo, Pemkot Jambi, Pemkot Palembang, Pemkot Tangerang.

Wali Kota Parepare Dr HM Taufan Pawe mengumumkan tentang masuknya inovasi Berdaya Srikandi Oleh Srikandi bersaing di tingkat dunia saat membuka Bimtek Perbendaharaan Pemkot Parepare di Novotel Makassar,

“Alhamdulillah inovasi Berdaya Srikandi Oleh Srikandi masuk 12 besar untuk seleksi tingkat dunia. Ini semakin menguatkan Parepare sebagai Kota Inovasi, karena inovasinya sudah bersaing di tingkat dunia,” ungkap Taufan Pawe.

Secara terpisah, Asisten III Administrasi Umum Pemkot Parepare Haryanto mengemukakan, inovasi Berdaya Srikandi Oleh Srikandi Dinas PKP yang pada 2020 ini masuk Top 45 Inovasi Pelayanan Publik Indonesia, selanjutnya sesuai hasil penilaian Tim Independen KemenPAN-RB ditetapkan menjadi Top 12 Inovasi untuk bersaing di tingkat dunia. “Jadi Berdaya Srikandi Oleh Srikandi akan ikut dalam ajang UNPSA atau United Nations Public Service Awards tahun 2021,” terang Haryanto.