PAREPARE,- Wali Kota Parepare, HM Taufan Pawe bertindak sebagai Inspektur Upacara memperingati Hari Pahlawan Nasional di Lapangan Upacara Kantor Walikota Parepare. Selasa, 10/11/2020.

Mengangkat tema “Pahlawanku Sepanjang Masa”, di tengah pandemi Covid-19, Pemkot Parepare melangsungkan upacara dengan protokol kesehatan yang ketat.

Selaku Inspektur Upacara, Walikota Parepare, HM Taufan Pawe mengatakan pertempuran 10 November 1945 merupakan momen paling bersejarah dalam merebut kemerdekaan Indonesia.

Peristiwa itu mengingatkan bangsa Indonesia bahwa kemerdekaan memerlukan perjuangan dan pengorbanan yang luar biasa dari para pendahulu negeri.

“Hari Pahlawan sekiranya tidak hanya diingat pada tanggal 10 November saja, namun lebih dari itu, perjuangan dan pengorbanan para pahlawan yang telah mempertaruhkan nyawanya untuk mempertahankan kedaulatan bangsa Indonesia perlu terus dikenang sepanjang masa”, ucap Taufan Pawe saat membacakan pidato seragam Menteri Sosial RI.

“Apa yang dilakukan oleh para pahlawan kiranya dapat menjadi inspirasi kita untuk meneruskan perjuangan mereka. Kalau dulu kita berjuang dengan mengangkat senjata, sekarang kita berjuang dalam mengatasi segala permasalahan bangsa, seperti kemiskinan, bencana alam dan lain sebagainya”, ungkapnya.

Meskipun dalam masa pandemi Covid-19, peringatan Hari Pahlawan tahun 2020 kata Taufan, diharapkan dapat berlangsung secara khidmat dan tidak kehilangan maknanya.

“Semangat kepahlawanan harus terus menyala dan dijadikan sebagai motor penggerak dalam upaya kita dalam mengisi kemerdekaan untuk mewujudkan cita cita para pendiri negeri”, tandas Taufan.