MAKASSAR,- Wali Kota Parepare, Dr HM Taufan Pawe menghadiri Rapat Koordinasi Pengawasan Daerah (Rakorwasda) yang digelar Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan melalui Inspektorat di Hotel Four Points by Sheraton Makassar, Kamis, 12 November 2020.

Kegiatan yang bertemakan Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) Bersinergi Cegah Korupsi ini dibuka langsung Gubernur Sulsel, Prof HM Nurdin Abdullah dan dihadiri seluruh kepala daerah di Sulsel.

Wali Kota Parepare, Taufan Pawe mengatakan, Rakorwasda ini bertujuan untuk mensinergikan Pemerintahan Daerah terkait pencegahan korupsi pada tatanan tata kelola pemerintahan.

“Saya menerjemahkan dengan baik, bahwa persoalan Rakorwasda ini sangat bermanfaat bagi pemerintahan daerah. Karena sesuai arahan Bapak Presiden (Jokowi) begitupun dari KPK maupun Pak Gubernur (Nurdin Abdullah), diharapkan semua kepala daerah tampil dengan suri teladan dengan kepribadian yang menggambarkan bahwa pimpinan itu jauh dari perilaku korupsi,” tegas Taufan Pawe yang berlatar belakang praktisi hukum.

Wali Kota Parepare dua periode ini berharap, agar peran APIP, BPK, KPK dan aparat penegak hukum lainnya bisa bersinergi dalam pengawasan dan asistensinya untuk mencegah perilaku korupsi di pemerintahan daerah.

Taufan Pawe juga mengapresiasi Gubernur Sulsel, Nurdin Abdlullah yang terus memberikan peringatan dan arahan kepada kepala daerah tentang terciptanya tata kelola pemerintahan sesuai peraturan undang-undang.

“Paling penting saya mengapresiasi langkah-langkah Pak Gubernur yang selama ini intens dan sangat peduli kepada kami semua Bupati Wali Kota se-Sulsel untuk tetap bekerja di koridor sesuai dengan ketentuan aturan-aturan, khususnya pada tata kelola keuangan,” kata Taufan.

Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah dalam sambutannya mengatakan, sebagai instansi pengawasan, peran APIP di pemerintahan sangat besar. Olehnya itu, dia berharap APIP bisa bekerja dengan baik, profesional dan tidak mudah diintervensi.

“Saya kira ini adalah bentuk dari penguatan APIP. Saya meminta teman-teman APIP untuk bekerja secara profesional dan tidak mudah diintervensi. APIP ini menjadi filter dan menjadi accounting yang tahu persis isi keuangan pemerintah daerah,” ingat Gubernur.

Sementara Pelaksana Tugas Inspektur Inspektorat Provinsi Sulsel, Hj Sri Wahyuni Nurdin mengatakan, Rakorwasda untuk menyamakan persepsi, sinkronisasi dan sinergitas di antara penyelenggaraan pemerintahan daerah agar pengawasan dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah berjalan secara efisien, efektif dan sesuai dengan ketentuan dan perundang-undangan.

“Kegiatan ini juga untuk melakukan percepatan dalam pelaksanaan program pencegahan korupsi yang terintegrasi maupun strategi nasional Pencegahan korupsi di Provinsi Sulawesi Selatan dan melakukan akselerasi dalam rangka peningkatan kapabilitas Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP),” tandasnya.