PAREPARE,- Wali Kota Parepare, Dr HM Taufan Pawe resmi menyerahkan Ranperda APBD Tahun Anggaran 2021 kepada DPRD Parepare dalam rapat paripurna di DPRD Parepare, Senin, 16 November 2020.

Wali Kota Taufan Pawe dalam kesempatan itu mengapresiasi DPRD atas sinergitas yang baik dengan Pemkot Parepare. Terbukti, saat pembahasan rancangan KUA-PPAS Tahun Anggaran 2021 sebelumnya, berjalan lancar, cepat, dan tepat waktu. Dan agenda lainnya yang menunjukkan sinergitas DPRD dan Pemkot.

Rapat paripurna dipimpin Ketua DPRD Parepare Andi Nurhatina Tipu, dan dihadiri kuorum 24 anggota dewan dari 25 anggota DPRD Parepare.

Sementara dari eksekutif hadir bersama Wali Kota, Wakil Wali Kota H Pangerang Rahim, Sekda H Iwan Asaad, Staf Ahli, Asisten, para Kepala OPD, Camat, dan Lurah lingkup Pemkot Parepare.

Taufan Pawe menyampaikan secara garis besar Ranperda APBD tahun anggaran 2021 yang menurutnya penyusunan APBD merupakan wujud konkret sinergitas antara Pemkot dan DPRD Parepare.

Lebih lanjut, Taufan menjelaskan, untuk belanja daerah tahun anggaran 2021 yang terdiri dari belanja operasional menyerap anggaran senilai Rp716,37 miliar lebih. Sementara belanja modal pada anggaran 2021 senilai Rp220,8 miliar lebih.

“Belanja tidak terduga pada tahun anggaran 2021 dianggarkan sebesar Rp5 miliar lebih. Belanja transfer pada tahun anggaran 2021, tidak dianggarkan. Jadi total anggaran belanja daerah pada tahun 2021 sebesar Rp941,20 miliar lebih atau naik sebesar Rp85,40 miliar lebih dibandingkan pada anggaran perubahan tahun 2020,” ungkap Taufan.

Mengakhiri keterangannya Taufan berharap, penjelasan Ranperda yang diajukan ini dapat membantu kelancaran pembahasan pada rapat DPRD selanjutnya.

”Disadari bahwa Ranperda ini masih memerlukan perbaikan dan penyempurnaan, baik dalam bentuk penulisan maupun substansinya. Harapan kami mudah-mudahan Ranperda ini dapat diagendakan pembahasannya dalam waktu yang tidak terlalu lama,” harap Wali Kota dua periode ini.