Unit penyelenggara pelayanan publik kategori sangat baik tahun 2020, Dukcapil Kabupaten/Kota

Parepare – Pemerintah Kota Parepare melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil kembali meraih penghargaan kategori sangat baik (A) pada evaluasi pelayanan publik oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPANRB) yang dilaksanakan di Jakarta, Selasa, 9 Maret 2021. 

Plt Kepala Dinas Dukcapil Parepare, Suriani membenarkan hal itu saat dihubungi, Selasa, 9 Maret 2021.

‘’Alhamdulillah, kerja-kerja yang kami lakukan bisa berbuah hasil. Mudah-mudahan hasil ini menjadi motivasi bagi kami untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan penerbitan dokumen kependudukan di Kota Parepare,’’ harap kata Suriani.

Untuk terus meningkatkan kualitas layanan newspublik, Disdukcapil Parepare memang terus berbenah, memperbaiki semua aspek yang tujuannya dilakukan untuk memberikan pelayanan yang membahagiakan masyarakat.

Disdukcapil Parepare merupakan satu dari tiga Kabupaten dan Kota di Sulawesi Selatan yang meraih penghargaan Kategori Sangat Baik dari Kemenpan dan RB ini. Dua daerah lainnya adalah Maros dan Makassar.

‘’Kami masih perlu membenahi sedikit lagi. Terutama ruangan pelayanan yang harus bisa diakses secara leluasa oleh kelompok disabilitas. Kalau itu sudah oke, Insya Allah tahun depan kita bisa masuk kategori pelayanan Prima,” ungkap Kepala Seksi Identitas Penduduk Dinas Dukcapil Parepare, Andi Madeali.

Ada enam aspek yang dinilai KemenPANRB dalam evaluasi pelayanan publik tahun ini, di antaranya pelibatan masyarakat dalam penyusunan standar pelayanan, pelaksanaan Survei Kepuasan Masyarakat (SKM), pemberian penghargaan pada pegawai berprestasi, penyediaan sarana prasarana pada kelompok disabilitas, pengelolaan pengaduan dan inovasi.

‘’Semua aspek sudah kami penuhi, makanya KemenPANRB memberi kami nilai Sangat Baik,’’ tandas Andi Madeali.