Pengukuran lokasi yang dilakukan Pemerintah Kota Parepare pada 2015 yang lalu

Parepare – Wali Kota Parepare, Taufan Pawe akan membangun jembatan kembar di Sumpang Minangae, Kecamatan Bacukiki Barat. Infrastruktur tersebut diproyeksi mampu menunjang keberadaan rel kereta api dan mengurai kemacetan.

Seperti yang diketahui, proyek strategis nasional Kereta Api (KA) Makassar-Parepare dengan panjang jalur utama 142 kilometer (km) terus digenjot oleh pemerintah.

“Rencananya pada tahun 2021, Pemkot Parepare akan membangun jembatan kembar sepanjang 125 meter. Diharapkan dapat mengurai kemacetan yang sering terjadi di jembatan sumpang sekaligus menunjang keberadaan salah satu rel kereta api di Parepare,” ungkap Taufan Pawe, Rabu 10 Maret 2021.

Saat ini, Pemkot Parepare melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) telah membuat lelang tender proyek jembatan kembar di Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Kota Parepare. Tercatat, nilai pagu paket sebesar Rp991.000.000,00 dan dianggarkan pada APBD 2021.

“Mohon dukungan dan doata, semoga pembangunan jembatan ini dapat berjalan sesuai dengan rencana,” harapnya.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Parepare, Syamsuddin Taha menyebut, selain melewati jembatan Sumpang, pengendara punya opsi lain dengan melewati jembatan kembar yang terhubung dengan Jl Jend Sudirman. Sehingga ia optimis kemacetan akan terurai.

“Semoga ini bisa segera terealisasikan agar masyarakat yang ingin masuk dan keluar Kota Parepare punya akses yang berbeda dan tidak menimbulkan kemacetan,” pungkasnya.