Parepare – Pemerintah Kota Parepare Sulawesi Selatan sudah mengisi tiga jabatan eselon II lowong hasil seleksi terbuka (lelang jabatan) pada 2020.

Tiga jabatan itu adalah Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Parepare yang diisi oleh Budi Rusdi, peringkat pertama dari tiga besar hasil seleksi terbuka. Kemudian Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Parepare, Adi Hidayah Saputra, dan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Parepare, Arifuddin Idris yang baru saja dilantik, Senin, 15 Maret 2021. Keduanya juga adalah peringkat pertama dari tiga besar hasil seleksi terbuka.

Wali Kota Parepare Sulawesi Selatan, Taufan Pawe, meminta BKPSDMD Parepare untuk kembali menggelar seleksi terbuka.

“BKPSDMD segera buka lelang jabatan. Tidak sedikit jabatan lowong saat ini. Kita beri kesempatan eselon III. Perkuat kearifan lokal, dan yang memiliki integritas,” pinta Taufan Pawe, Selasa 16 Maret 2021.

Sinyal Taufan menginginkan agar putra daerah lokal yang diprioritaskan dalam seleksi terbuka, dan promosikan pejabat-pejabat eselon III yang berkompeten dan punya kapasitas. “Kita ingin mencari ASN yang tangguh dan berintegritas. Saya mencoba menata tata laksana, tata kelola pemerintahan yang baik,” tegas Taufan.

Taufan mengaku, telah melihat kompetensi masing-masing aparaturnya, sehingga untuk menentukan penempatan bisa lebih mudah di ketahui.

“Saya sudah melihat kapasitas dan kapabilitas masing-masing pejabat yang ada di Kota Parepare, sehingga kemudian bisa lebih dipahami dalam penentuan tempat,”jelasnya.

Data hingga kini, dari 34 jabatan eselon IIB lingkup Pemkot Parepare, ada delapan yang lowong. Di antaranya Asisten III, Kepala Dinas PUPR, Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Dinas Kominfo, Sekretaris DPRD, Dinas Tenaga Kerja, Dinas Perdagangan, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A).