Parepare – Komisi A DPRD Provinsi Sulawesi Selatan menyebut lembaga penyiaran publik lokal (LPPL) Kota Parepare sebagai lembaga penyiaran percontohan nasional. Pujian itu disampaikan Ketua Komisi A DPRD Sulsel, Selle KS Dalle saat melakukan kunjungan kerja (kunker) di DPRD Parepare, Jumat 21 Mei 2021.

Kunker komisi A yang didampingi Ketua KPID Sulsel, Muhammad Hasrul Hasan diterima oleh Wakil Wali Kota Parepare, Pangerang Rahim di Ruang Pola Setdako Parepare didampingi Sekda Iwan Asaad, dan Plt Kadis Kominfo, Amarun Agung Hamka. 

“Kami tahu LPPL lokal Parepare sebagai percontohan nasional, bukan hanya Sulsel. Kami punya data, maka itulah kami komisi A menyiapkan waktu khusus untuk datang. Selain untuk memastikan hal-hal baik terkait penyiaran di Parepare berjalan baik dan meningkat dari waktu ke waktu. Karena  bukan hanya kebanggaan Parepare saja, tetapi kami di Sulsel juga ikut bangga,” ujar Selle KS Dalle, Ketua Komisi A DPRD Provinsi Sulsel. 

Ia mengungkapkan, jika Parepare dikenal dengan predikat ‘pelanggan KPID Award’ tiap tahun.

“Parepare ini sepanjang yang kami tahu selalu berlangganan dengan KPID Award. Hampir setiap tahun terima penghargaan dari KPID,” imbuhnya. 

Keberhasilan Parepare dalam kemajuan lembaga penyiaran itu kata dia merupakan bukti komitmen Pemerintah Kota dalam memenuhi hak-hak penyiaran publik. “Ini artinya Pemkot Parepare punya komitmen kuat dalam memastikan lembaga penyiarannya memenuhi hak-hak publik,” urai dia.

Selle KS Dalle mengharapkan, regulasi baru migrasi TV Analog ke TV Digital dapat diterapkan dengan baik di Parepare. “Batasnya September 2021 migrasi tv analog ke tv digital. Karena ini regulasi baru jadi kita ingin memastikan kesiapan Parepare agar bisa berjalan dengan baik,” harap dia. 

Sementara, Wakil Wali Kota Parepare, H Pangerang Rahim menjelaskan dua lembaga penyiaran milik Pemkot Parepare, yakni TV dan Radio Peduli. 

“Pemkot sudah memiliki lembaga penyiaran yakni radio dan TV Peduli. Kehadirannya bertujuan mempublikasikan kemajuan pembangunan Parepare juga sebagai sarana menyerap aspirasi masyarakat.
Pemkot Parepare berkomitmen radio dan TV Peduli dikelola secara profesional sehingga program-programnya dapat dinantikan dan dirindukan oleh masyarakat,” tandas eks Anggota DPRD Provinsi Sulsel ini. 

Kegiatan itu juga dihadiri oleh sejumlah pengelola lembaga penyiaran yang ada di Kota Parepare.