PAREPARE, – Pemerintah Kota Parepare melalui Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Parepare membekali para pegawai menjelang memasuki batas usia pensiun. Hal itu dilakukan bekerja sama PT Bank Mandiri Taspen di Hotel Bukit Kenari Parepare, Selasa, (29/6/2021). 

Pembekali bertajuk sosialisasi ketaspenan dan layanan perbankan ini diperuntukkan bagi 76 orang ASN yang akan memasuki usia pensiun Juli 2021.

Kepala BKPSDM Parepare, Gustam Kasim mengatakan, kerja sama ini dilakukan untuk memberikan pelayanan terbaik bagi ASN yang akan memasuki masa pensiun.

“Kami kerja sama dengan PT Mandiri Taspen atau biasa disebut Mantap karena kami mau bahwa semua ASN yang akan memasuki usia pensiun ke Taspen, agar mendapat pelayanan yang terbaik. Kita dengarkan tadi bersama ada keunggulan yang dilakukan oleh PT Mantap. Kami juga menyampaikan kepada ASN yang masuk usia pensiun supaya tidak menggunakan orang ketiga karena ini berdampak nantinya terhadap pelayanan,”ujar Gustam Kasim.

Gustam menyebutkan, sebanyak 135 ASN yang akan memasuki pensiun pada tahun ini, namun yang hadir sebanyak 76 orang yang masa pensiunnya pada Juli mendatang.

“Kita upayakan, bahwa seluruh ASN yang akan pensiun berjumlah 76 orang ini kita arahkan ke Mandiri Taspen. Karena ada banyak layanan-layanan atau program yang dapat mensejahterakan para pensiun,”tandasnya.

Sementara Kepala Cabang Bank Mandiri Taspen Makassar, David Pardomuan Nababan, menjelaskan, sesuai dengan komitmen sebagai anak perusahaan Taspen, dituntut untuk memberikan layanan terbaik bagi pensiunan, yaitu pensiunan itu akan menjadi layanan prioritas Mandiri Taspen.

“Pastinya seperti yang disampaikan tadi semua layanan kami gratis dan tidak dipungut satu rupiah pun karena ini persoalan integritas. Jadi sesuai permintaan dari Taspen, dan sesuai komitmen kami, bahwa layanan terbaik kami akan berikan kepada Bapak/Ibu Pensiunan,”terang David.

Lanjut David, di samping menjadi mitra bayar, Mandiri Taspen juga memiliki produk perbankan yang fokusnya kepada para pensiun, diantaranya Mantap Aktif, Mantap Sejahtera, dan Mantap Sehat.

“Mantap aktif itu mengumpulkan para pensiun untuk tetap aktif, diantaranya, mungkin pelatihan cinderamata, atau kita berkunjug di rumah jompo. Mantap sehat kita lakukan pemeriksaan kesehatan gratis, dan saat ini Bank Mantap juga dituntut untuk membuat vaksin gratis untuk semua pensiunan. Jadi sekarang kita membuat proyek membuat vaksin gratis untuk pensiunan di samping mendukung program pemerintah. Mantap sejahtera, dimana kita membuat pensiunan menjadi wirausahawan. Banyak produk-produk wirausahwan yang sedang kami programkan, diantarnya warung mantap sejahtera, dan pelatihan berkebun seperti hydroponik,”ulasnya.

Hal senada ditambahkan Bisnis Institusional Manajer PT Bank Taspen Wilayah Sulawesi Ambon Papua, Martin Riningallo. Selain layanan tersebut, Bank Taspen juga memanjakan para ASN yang akan memasuki masa pensiun dengan layanan Elektronik Link.

“Saat ini karena masa pandemi ada pembatasan aktivitas tatap muka, jadi dengan adanya layanan Link otomatis ini, beliau yang mau pensiun ini duduk manis di rumah, pemberkasan kami yang bantu, dan sudah masuk di rekening, dan pengambilannya mudah, boleh datang di kantor dan boleh kami berikan ATM dan ATM-nya gratis, tidak ada biaya administrasi. Dan itu yang membedakan dengan bank lain, karena untuk pensiunan kami tidak ada memungut biaya buka rekekening,”pungkasnya.(*)