PAREPARE – Berdasarkan data yang dirilis Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2021, indeks pemberdayaan gender atau IDG Parepare mengalami peningkatan. Dalam data itu, capaian IDG Parepare tahun 2019 sebesar 73,53 persen meningkat menjadi 74,06 di tahun 2020 .

Berbagai macam barometer menjadikan indeks pemberdayaan gender di Parepare meningkat, yakni di antaranya meningkatnya persentase keterlibatan perempuan dalam pemerintahan dan politik.

Di Parepare, komposisi refresentasi perempuan di pemerintahan cukup menggembirakan. Jabatan strategis sebagai Kepala Dinas, Asisten, Sekretaris Dinas, Camat, dan Lurah mendapat porsi yang tidak sedikit. Bahkan, dalam politik jabatan Ketua DPRD Parepare diisi perempuan dari fraksi Partai Golkar. 

“Ini adalah salah satu wujud komitmen Bapak Wali Kota Parepare dalam pemenuhan kesetaraan gender. Di dalam pemerintahan beliau, kita bisa lihat jabatan strategis hampir seimbang ditempati oleh perempuan dan laki-laki. Tidak ada bias gender,” ungkap Sriyanti Ambar, Kepala Bidang Kesetaraan Gender DP3A Parepare, Selasa, (10/8/2021).

Dalam rilis BPS tersebut juga tercatat, Indeks Pembangunan Gender (IPG) di Parepare tahun 2019 mencapai 96,78 dan meningkat menjadi 96,88 di tahun 2020. (Hms/Propim)