PAREPARE, RAKSUL- Wali Kota Parepare, Dr HM Taufan Pawe resmi mengukuhkan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kota Parepare 2021.

Pengukuhan berlangsung khidmat, sederhana, dengan protokol kesehatan ketat di halaman Rumah Jabatan Wali Kota Parepare, Minggu sore, 15 Agustus 2021.

Di hadapan 61 anggota Paskibraka yang dikukuhkan, Wali Kota Taufan Pawe berpesan, bahwa Paskibraka adalah tugas mulia, mengemban tanggung jawab besar. Karena membawa dan mengibarkan bendera merah putih yang merupakan simbol kehormatan negara.

“Tugas membawa dan mengibarkan Sang Saka Merah Putih bukanlah sebuah seremonial saja. Namun harus diletakkan pada satu semangat dan kesatuan jiwa serta batin bahwasanya Sang Saka Merah Putih merupakan simbol kehormatan negara,” ingat Taufan Pawe.

Wali Kota bergelar doktor ilmu hukum ini mengemukakan, Paskibraka adalah tugas mulia, tugas bersejarah, kebanggaan sekaligus kehormatan yang menunjukkan bahwa Paskibraka adalah generasi muda terpilih dan unggul.

“Sebagai generasi muda, anak-anakku yang dikukuhkan memiliki beban berat karena berkewajiban menularkan virus kebangsaan agar generasi muda terus memiliki kecintaan kepada negara Indonesia. Kalian adalah putra putri bangsa Indonesia terbaik yang akan menjadi generasi penerus dan calon-calon pemimpin masa depan. Kalian sudah sangat membesarkan hati dan membanggakan orang tua, guru, sekolah, dan daerah kalian,” tegas Taufan, memotivasi.

Wali Kota berlatar belakang profesional hukum ini percaya bahwa serangkaian seleksi dan pengemblengan melalui proses latihan yang dilaksanakan sebelumnya, akan membuat Paskibraka dapat menjalankan tugas dengan baik.

Taufan pun berpesan kepada seluruh anggota Paskibraka untuk mempersiapkan diri baik fisik maupun mental guna mengemban tugas negara khususnya dalam pengibaran bendera merah putih pada upacara peringatan detik-detik proklamasi Kemerdekaan RI, 17 Agustus 2021.

“Dengan ini saya mengukuhkan sebagai Pasukan Pengibar Bendera Pusaka Kota parepare, yang akan bertugas pada 17 Agustus 2021. Kalian putra putri terbaik yang terpilih menjadi anggota Paskibraka 2021, memiliki tanggung jawab sangat besar untuk melaksanakan tugas suci, mengibarkan Sang Saka Merah Putih,” kata Taufan menandai pengukuhan Paskibraka.

Paskibraka Parepare akan bertugas mengibarkan bendera merah putih pada upacara peringatan HUT ke-76 Kemerdekaan RI di Lapangan Upacara Kota, pada Selasa pagi, 17 Agustus 2021, dan menurunkan bendera merah putih pada sore harinya.

Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Parepare, Amarun Agung Hamka mengatakan, anggota Paskibraka adalah siswa siswi SMA sederajat se-Parepare yang terpilih melalui serangkaian seleksi ketat bertahap dan berjenjang. 

“Kemudian mereka yang terpilih, dilatih dan dididik selama beberapa bulan untuk menanamkan nilai-nilai kebangsaan serta penguatan aspek mental dan fisik agar memiliki kemampuan prima dalam melaksanakan tugas sebagai Paskibraka,” terang Hamka, sapaannya.

Mereka yang dikukuhkan berjumlah 61 orang, terdiri dari 28 putra dan 33 putri. Mereka akan bertugas sesuai formasi Paskibraka daerah yakni menggunakan pasukan 17, 8 + pengapit 4, dan pas 1. (Hms/Propim)