PAREPARE – Sebanyak 456 orang warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lepas) Kelas IIA Parepare menerima remisi (pengurangan hukuman tahanan) dalam peringatan HUT RI ke-76. Dsri jumlah itu, 4 orang di antaranya mendapat remisi bebas.

Penyerahan remisi diserahkan secara simbolis kepada dua dua orang napi oleh Wali Kota Parepare, Taufan Pawe usai pelaksanaan upacara HUT RI di lapangan upacara Kota Parepare, Selasa, (17/8/2021).

Kepala Sub Seksi Registrasi Lapas Parepare, Mursahid menjelaskan, Lapas Kelas II Parepare pada momen Kemerdekaan RI Ke-76 ini memberikan remisi bagi warga binaan sebanyak 456 orang, dan empat diantaranya langsung bebas dengan usulan Remisi Umum (RU).

“456 yang dapat remisi kemerdekaan. Di antaranya, 4 orang langsung bebas itu yang biasa kita sebut RU. Sedangkan 452 orang yang lainnya itu masih harus menjalani pidananya. Mengenai pengurangan masa pidana itu bervariasi, ada yang 1 bulan, 2 bulan, sampai 6 bulan,”jelas Mursahid.

Mereka yang mendapatkan remisi di HUT RI KE-76 ini, tambah Mursahid, telah dianggap memenuhi persyaratan seperti kelengkapan administratif dan substantif berupa petika putusan, eksekusi, dan laporan perkembangan pembinaan selama menjalani hukuman.

“Syarat terpenuhi untuk mendapatkan remisi ini, mereka berkelakuan baik, mengikuti pembinaan-pembinaan selama di dalam lapas, dan juga dia disiplin dalam kesehariannya. Ini juga telah sesuai Surat Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia RI,”tandasnya.

Untuk diketahui, Jumlah Narapidana saat ini yang berada di Lapas Kelas II Parepare yakni sebanyak 652 orang.(Hms/Propim)