PAREPARE, – Dengan mempertimbangkan semakin tingginya jumlah Ibu Hamil yang terinfeksi Covid-19 dan tingginya risiko bagi ibu hamil, maka Pemerintah Kota Parepare bekerjsama Tim Penggerak PKK Kota Parepare, melakukan pencanangan Vaksinasi Covid-19 Ibu Hamil.

Pencanangan tersebut dibuka oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kota Parepare Hj Erna Rasyid Taufan, melalui Virtual yang dihadiri, Ketua Pokja IV TP PKK dr Renny Anggraeny Sari, jajaran RSUD Andi Makkasau, Dinas Kesehatan, DP3A dan IBI Kota Parepare, yang berlangsung di Aula Rumah Sakit Umum Daerah Andi Makkasau, Selasa (31/8/2021).

Ketua Tim Penggerak PKK Kota Parepare Hj Erna Rasyid Taufan, yang membuka kegiatan secara virtual menyampaikan, bahwa Pemberian Vaksin atau vaksinasi ini merupakan salah satu upaya yang ditempuh Pemerintah dalam mengatasi Pandemi Covid-19 yang masih terjadi hingga hari ini.

Vaksinasi Covid-19 bagi ibu hamil yang dilakukan Pemerintah secara bertahap ini Lanjut Erna, adalah kunci utama yang sangat menentukan kebangkitan bangsa Pasca Pandemi.

“Hal ini merupakan sebuah langkah penting, langkah bersama kita untuk membawa bangsa kita keluar dari pandemi, memberikan perlindungan kesehatan dan keselamatan pada rakyat khususnya pada ibu hamil dan janinnya,”Ujar Erna.

Sementara Ketua Pokja IV Tim Penggerak PKK Kota Parepare, dr Renny Anggraeny Sari menyebutkan bahwa pelaksnaan Vaksinasi ini berdasarkan Surat Edaran Kementerian Kesehatan RI yang telah diterima oleh Pemerintah Kota Parepare sejak 2 Agustus lalu.

Untuk pencanangan vaksinasi bagi Ibu Hamil, sebanyak 535 Ibu hamil yang telah diverifikasi datanya oleh Provinsi dan memenuhi syarat untuk dilakukan vaksin. Namun pada pencanangan perdana ini, tambah dr Renny direncanakan sekitar 35 orang sampai 40 orang yang telah didaftar.

“Untuk Sulawesi Selatan 2 minggu lalu sudah dilaunching dan hari ini parepare melakukan launching untuk ibu hamil. Hari ini direncanakan sekitar 35 orang sampai 40 orang yang sudah terdaftar ibu hamil yang akan divaksinasi dilaunching perdana ini. Dan ini dilakukan secara bertahap hingga menyasar seluruh Ibu Hamil yang ada di Kota Parepare,”Sebut dr Renny.

Ia menuturkan bahwa berdasarkan hasil penelitian, pemberian vaksinasi tersebut diberikan bagi Ibu Hamil dapat dilakukan bagi ibu hamil yang sudah Aterm atau usia kehamilan pada 13 minggu sampai 33 minggu.

“untuk data di Parepare sudah ada 4 Ibu Hamil yang meninggal karena terinveksi Covid dan ada cukup banyak Ibu Hamil terpapar infeksi, untuk itu marilah semua Ibu Hamil yang ada di Kota parepare melakukan vaksinasi. Jangan khawatir akan dilakukan sebelumnya Screening apakah kondisinya stabil untuk dilakukan vaksinasi,”Ujarnya.

Dalam Pencanangan Vaksinasi ini, juga diberikan Cindera Mata oleh PT Kalbe Nutrision bagi Ibu Hamil yang telah melakukan vaksin.(Yanti)