PAREPARE, – Dalam rangka meminimalkan penggunaan kemasan jenis plastik, Instalasi Farmasi Rumah Sakit Umum Daerah Andi Makkasau Kota Parepare membuat inovasi Go Green Hospital (Goghos).

Goghos ini merupakan inovasi kesekian kalinya yang dilahirkan Manajemen RSUD Andi Makkasau Parepare. Dimana penggunaan kantong plastik sebagai tempat obat pasien kini diganti menjadi reusable bag.

Hal tersebut disampaikan Direktur RSUD Andi Makkasau dr Renny Anggraeny Sari melalui Penanggung Jawab Mutu Pelayanan Farmasi Rumah Sakit Umum Daerah Andi Makkasau (RSUD) Andi Makkasau, Mansur, saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (20/9/2021).

“Selain terciptanya lingkungan RSUD yang hijau dan bebas polusi plastik, juga dengan inovasi Goghos ini dapat mengefisiensi penganggaran pengadaan plastik kemasan. Ini kan bisa dipakai berkali-kali sampai rusak. Sementara kita tahu plastik dipakai sekali buang dan plastik juga merupakan sampah yang sangat sulit diurai,”Jelas Mansur.

Juga tambahnya, dengan adanya Reusable Bag ini juga menambah nilai estetika wadah untuk obat pasien.

Namun untuk saat ini, lanjutnya reusable bag ini masih dimanfaatkan oleh pasien rawat inap di setiap Bangsal yang ada.

“Setiap keluarga pasien yang akan mengambil obat di Apotik, akan dibagikan reusable bag tersebut untuk tempat obat saat mereka mengambil di Apotik, setelah itu bisa digunakan berkali-kali oleh pasien,”sebutnya.

Sementara Direktur RSUD Andi Makkasau Parepare dr Renny Anggraeny Sari berharap, dengan adanya pelayanan kesehatan yang inovatif ini, diharapkan dapat memberikan kontribusi yang besar dalam pengurangan pemakaian kantong plastik.(An)