PAREPARE, – Wakil Walikota Parepare menghadiri Upacara Pembukaan Latihan Dasar Brimob dan Kemampuan Setingkat Pelopor Brigadir Remaja Satbrimob Polda Sulsel Tahun 2021, di Lapangan Batalyon B Pelopor Satbrimobda, Selasa (21/9/2021.

Upacara Pembukaan Pelatihan tersebut dipimpin oleh Kepala Kepolisian Daerah Sulawesi Selatan Irjen Pol Drs.Merdisyam, yang dihadiri Kepala Kejaksaan Didi, di Halaman Batalyon B Pelopor Satbrimobda, Selasa (21/9/2021).

Pada kesempatan tersebut, Kapolda Sulsel, Irjen Pol Drs Merdisyam menyampaikan bahwa Korps Brimob adalah bagian Integral yang tidak terpisahkan dari Polri dan pada tingkat satuan kerja Mapolda satuan Brimob Polda Sulawesi Selatan merupakan salah satu pelaksana utama yang berada di bawah kendali Kapolda sebagai salah satu Satuan Kerja Operasional.

Tantangan tugas pada satuan Brimob pada saat ini, Lanjut Merdisyam semakin berat dan Kompleks, gangguan Kamtibmas yang berkadar tinggi senantiasa terjadi pada berbagai tempat demikian pula pada masa yang akan datang.

“Tentunya dengan kemajuan tekhnologi maka kejahatan pun akan semakin berkembang sehingga dengan demikian dibutuhkan personil Brimob dengan kemampuan fisik yang memadai, dan keterampilan yang handal. Semua ini bisa tercapai dengan pendekatan dan metode palatihan peningkatan kemampuan seluruh personil brimob secara beksinambungan,”Jelas Merdisyam.

Rekruitmen personil bintara remaja di Satbrimob Polda sulsel, Tambahnya selain merupakan perwujudan dari program peremajaan personil brimob, juga salah satu upaya untuk menciptakan postur Brimob yang lebih ideal melalui program pelatihan kemapuan Brigader Mobil untuk meningkatakan kualitas kinerja dan komitmen terhadap organisasi.

“Sejalan dengan program prioritas Kapolri yaitu prediktif, Responsibiltas dan transparansi berkeadilan atau presisi dengan mewujudkan Sumber Daya Manusia yang unggul di era saat ini, sehingga pelatihan ini bukan hanya berfokus pada peningkatan kemampuan fisik tetapi juga mengarah pada kemampuan penggunaan tekhnologi. Salah satu contoh menggunakan komputer pada kegiatan navigasi darat untuk mengetahui titik koordinat dan kemampuan penggunaan tekhnologi drone,”tandasnya.

Irjen Pol Merdisyam sebelum menutup sambutannya berpesan, agar personil yang mengikuti latihan tersebut, meningkatkan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, belajar dan berlatih bersungguh-sungguh sehingga dapat menyerap seluruh kemampuan Brigader Mobil yang diberikan oleh para instruktur serta menciptakan hubungan yang harmonis dalam lingkup Internal maupun Eksternal.

Sementara, Wakil Walikota Parepare H Pangerang Rahim turut mengambil barisan dalam pelaksanaan upacara tersebut.

Ia memberikan semangat kepada Para brigadir remaja yang mengikuti latihan tersebut.

Pangerang berharap, agar Latihan tersebut dapat dimanfaatkan dengan baik agar tercipta Brimob yang cekatan dan tangguh serta selalu dekat dengan masyarakat.(An)