HUT ke-70, IBI Parepare Gelar Seminar Dorong Optimalisasi Peran Bidan Dalam Pelayanan Kesehatan

10

PAREPARE — Pengurus Cabang Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Kota Parepare turut memperingati hari ulang tahun (HUT) ke-70 IBI tahun ini.

Dalam momentum HUT ini, IBI Parepare melaksanakan seminar sehari yang mengusung tema “Optimalisasi Peran Bidan pada Pelayanan Kesehatan Ibu, Anak dan Keluarga Berencana serta Kesehatan Reproduksi dalam Mendukung Penguatan Pelayanan Primer”.

Seminar berlangsung di Rumah Sakit dr Hasri Ainun Habibie (HAH) Parepare, Minggu, 26 September 2021, yang diikuti oleh seluruh bidan yang terdaftar sebagai anggota IBI Parepare secara Luring dan Daring.

Kegiatan resmi dibuka oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota Parepare yang diwakili oleh Kasna SST MKeb selaku Kepala bidang Pelayanan, Promosi dan Sumber daya Kesehatan Dinas Kesehatan Parepare.

Dalam sambutannya, Kasna mengemukakan, IBI adalah organisasi yang secara berkesinambungan melakukan berbagai upaya terobosan dalam rangka mewujudkan profesionalisme anggotanya dan mempertahankan citra positif di masyarakat melalui pelayanan kebidanan dan kesehatan reproduksi kepada individu, perempuan, kelompok, dan masyarakat. “Untuk itulah seorang bidan harus memilki kompetensi diri yang berkualitas agar bisa memberikan pelayanan optimal,” pesan Kasna yang juga Wakil Ketua PC IBI Parepare.

Sementara Ketua PC IBI Parepare, Kurnia Basrah AMdKeb mengungkapkan, kehadiran bidan di tengah masyarakat sangat membantu Pemerintah. Karena pelayanan kebidanan termasuk bagian dari standar pelayanan minimal yang merupakan kewajiban Pemerintah Daerah. “Oleh karena itu walaupun kita sedang dalam pandemi Covid-19, bidan tetap memberikan pelayanan kebidanan dengan prinsip terlindungi dan melindungi dari virus Covid-19. Itu diperkuat dengan UU Nomor 4 Tahun 2019 tentang Kebidanan,” ingat Kurnia.

Kegiatan turut dihadiri secara offline Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Parepare yang diwakili, Plt Direktur RS Hasri Ainun Habibie yang diwakili, beberapa organisasi kesehatan, IDI, POGI, PPNI, dan narasumber dr Hj Nursiah Sp.OG (K). Kemudian secara online via zoom Ketua Gabungan Organisasi Wanita dan Ketua Pengurus Daerah Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Sulsel, Hj Suriani B SKM MSc.

Narasumber dalam seminar di antaranya Ketua PD IBI Sulsel Hj Suriani dengan materi Perkembangan Terkini dan Kebijakan Baru Tentang Profesi Bidan. Kemudian materi Penguatan Sistem Rujukan Maternal pada Masa Pandemi oleh Dokter Obgyne dr Hj Nursiah Sp.OG (K).

Materi Metode Mutakhir Mencegah Stunting oleh Guru Besar Universitas Padjajaran (Unpad) Bandung, Prof DR dr A Purba MSc AIFO). Prof A Purba merupakan Staf Ahli Menpora, dan merupakan pendiri D3 Kebidanan, D4 Kebidanan, S2 Kebidanan Fakultas Kedokteran Unpad, serta pendiri Fakultas Keperawatan Unpad.

Serta materi Nutrisi Untuk Meningkatkan Imun Tubuh oleh Asnyaman Lombu ST, Marketing Koordinator Tara Nature.

Ketua Panitia Pelaksana Bd Hj Andi Rukmini AMdKeb mengatakan, peringatan HUT ke-70 IBI tahun ini mengusung tema Optimalisasi Peran Bidan pada Pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak, Keluarga Berencana dan Kesehatan Produksi Dalam Mendukung Penguatan Pelayanan Primer.

Peringatan HUT IBI tahun ini, kata dia, terlaksana atas kerja sama seluruh pengurus dan anggota IBI Cabang Parepare. “Karena itu saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh panitia yang telah bekerja keras melaksanakan kegiatan ini. Semoga kegiatan ini bermanfaat untuk menambah dan meningkatkan pengetahuan para bidan,” harap Andi Rukmini. (Hms/Propim)