4 Putra Putri Parepare Lulus Calon Taruna Pola Pembibitan STTD Kemenhub RI

41

PAREPARE — Empat putra putri Kota Parepare lulus menjadi calon taruna dan taruni dalam formasi Pola Pembibitan Pemda Program DIV Transportasi Darat, Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD) di Bekasi, Jawa Barat.

Kepastian itu berdasarkan pengumuman nomor PG.17/BPSDMP-2021 tentang Peserta yang Dinyatakan Lulus Menjadi Calon Taruna/Taruni Jalur Reguler Pola Pembibitan Pada Perguruan Tinggi di Lingkungan Kementerian Perhubungan Tahun Akademik 2021/2022, 26 September 2021.

Empat putra putri Parepare itu adalah Muthiah Afifah, Annisa Maharani Hasenda, Andi Baso Fadil Passamula, dan Muhammad Arya Anugrah Idham.

Pengumuman ini dibenarkan Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Parepare, HM Iskandar Nusu, Senin, 27 September 2021.

“Alhamdulillah, empat putra putri Kota Parepare lulus formasi Pola Pembibitan Pemda Program DIV Transportasi Darat Sekolah Tinggi Transportasi Darat Bekasi. Nantinya mereka akan menjadi SDM unggul dan ahli di Bidang Transportasi Darat Dinas Perhubungan Kota Parepare,” ungkap Iskandar Nusu.

Selesai pendidikan nanti, empat putra putri Parepare ini menjadi taruna taruni pertama lulusan Perguruan Tinggi (PT) Kemenhub yang langsung ditempatkan di Dishub Parepare. “Karena selama ini belum ada lulusan STTD Bekasi ditempatkan di Dishub Parepare,” kata Iskandar.

Iskandar mengungkapkan, keempatnya lulus setelah melalui proses seleksi ketat. Didahului tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), kemudian tes kesehatan, kesamaptaan, psikotes, dan tes wawancara.

Pola Pembibitan di lingkungan PT Kemenhub ini merupakan tindak lanjut dari MoU Wali Kota Parepare Dr HM Taufan Pawe dengan Direktur PTDI-STTD Hindro Surahmat ATD MSi, tahun lalu. MoU ini berdurasi lima tahun.

Tahun ini, Parepare mendapat jatah 4 formasi dari total 10 formasi untuk lima tahun dalam program Pola Pembibitan Pemda yang diadakan Kemenhub ini.

Iskandar mengemukakan, melalui program Pola Pembibitan ini putra putri Parepare akan menjadi taruna taruni CPNS untuk ditempatkan mengabdi di daerah asal (Dinas Perhubungan) ataupun di lingkungan Kemenhub.

Iskandar menekankan, salah satu syarat mengikuti program ini adalah harus putra putri asli Parepare lulusan SMA sederajat, yang dibuktikan dengan NIK.

Khusus di Provinsi Sulsel, program Pola Pembibitan Pemda oleh Kemenhub ini, hanya diikuti empat daerah. Selain Parepare, daerah lainnya adalah Bantaeng, Bulukumba, dan Sinjai.

Nantinya putra putri Parepare yang mengikuti program Pola Pembibitan Pemda ini akan menyandang lulusan Diploma IV (DIV) Sarjana Terapan Transportasi Darat.

Lulus dalam Pola Pembibitan Pemda ini taruna taruni akan langsung terangkat menjadi CPNS golongan IIIa dengan ikatan dinas mengabdi di Dinas Perhubungan daerah asal, dan tidak tertutup kemungkinan di lingkungan Kemenhub. (Hms/Propim)