Anugerah Parahita Ekapraya, Parepare Naik Tingkat Kategori Utama

74

PAREPARE — Wali Kota Parepare, Dr HM Taufan Pawe resmi menerima piala penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) kategori Utama, pada Senin 27 September 2021.

Anugerah Parahita Ekapraya adalah penghargaan yang diberikan kepada Kementerian, Lembaga, dan Pemerintah Daerah yang telah berkomitmen mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender melalui strategi pengarusutamaan gender (PUG).

Parepare naik tingkat dari sebelumnya APE kategori Madya kini menjadi kategori Utama.

Kepastian itu berdasarkan Surat Keputusan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Nomor 66 tahun 2021 tentang Penerimaan Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya tahun 2020 kategori utama.

Sebelumnya, Bappeda Kota Parepare selaku Ketua Pokja Pengarusutamaan Gender Parepare, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Parepare, Hj Andi Rusia, Kepala Bidang Kesetaraan Gender, Sriyanti Ambar sebagai Sekretaris Pokja PUG, juga selaku leading sektor PUG, serta Focal Point Kecamatan menjemput langsung piala dan piagam penghargaan APE di Kementerian P3A, Jakarta pada Jumat, 24 September 2021.

Kepala DP3A Parepare Hj Andi Rusia mengaku bersyukur Parepare berhasil naik tingkat dari Madya pada 2018 ke Utama pada 2020. Hal itu, kata dia, tidak terlepas dari dukungan dan komitmen Wali Kota Parepare Taufan Pawe, Wakil Wali Kota H Pangerang Rahim, Sekda H Iwan Asaad.

“Alhamdulillah kita bisa naik tingkat dari Madya ke Utama. Hal itu karena dukungan dari berbagai pihak, utamanya Bapak Wali Kota Parepare,” ungkap Andi Rusia.

Asisten Deputi Perlindungan Khusus Anak dari Kekerasan Kementerian P3A RI, Ciput Eka Purwianti, di hadapan Kepala DP3A Parepare,  Andi Rusia dan Kabid Kesetaraan Gender, Sriyanti Ambar memberi ucapan selamat kepada Parepare, Provinsi Sulsel atas naiknya tingkat penghargaan APE dari Madya ke Utama. “Selamat kepada Parepare sudah naik kelas jadi Utama,” pujinya.

Ciput mengakui, Parepare yang dia kenal waktu masih tangani Gender pada 2014, itu memang sudah menunjukkan komitmen luar biasa untuk pelaksanaan Pengarustamaan Gender.

“Driver (Penggerak) Perencanaan Penganggaran Responsif Gender (PPRG) di sana juga sangat kompak. Jadi saya percaya sih penilaian Utama ini memang hasik kerja keras semua Pokja PUG di Kota Parepare, dan khsusnya Sekretariat Pokja PUG dari DP3A Parepare, serta di bawah pimpinan Kepala Bappaeda Kota Parepare. Selamat, Luar Biasa,” tandas Ciput. (Hms/Propim)