3 Hari di Parepare Berkesan, Tim Verifikasi Nasional Kota Sehat Nilai Bersih, Indah, Pariwisata Keren

39

PAREPARE — Tiga hari berada di Kota Parepare, sangat berkesan bagi Tim Verifikasi Nasional Penyelenggaraan Kota Sehat 2021.

Tim verifikasi berada di Parepare mulai Rabu, 29 September 2021, dan berakhir Jumat, 1 Oktober 2021, melakukan penilaian terhadap beberapa lokasi fokus (Lokus) yang masuk dalam tujuh tatanan indikator Kota Sehat.

Hasilnya, selain mengapresiasi Lokus penilaian, tim verifikasi juga terkesan terhadap kebersihan Parepare, keindahan dan kerapihan kota, termasuk pesona pariwisatanya.

Hal ini diungkap Ketua Tim Verifikasi Nevy Rinda Nugraini pada hari terakhir penilaian, Jumat, 1 Oktober 2021. “Kota Parepare bagus, bersih, indah, rapi. Penduduknya ramah-ramah. Saya takjub lho, itu pariwisata di sungai (Sungai Karajae, Tonrangeng River Side). Menarik ya, ada pariwisata di pesisir sungai, keren,” ungkap Nevy. Nevy dan anggota tim lainnya yakni dr Carolina Rusdi Aqib dan Rahmat Wibisono memang berkesempatan melakukan wisata susur Sungai Karajae dengan menaiki perahu wisata.

Obyek pariwisata lainnya yang dipuji Nevy adalah Kebun Raya Jompie. Nevy yang tinggal di Bogor, Jawa Barat, mengidentikkan Kebun Raya Jompie seperti dengan Kebun Raya Bogor. “Ya hampir sama dengan Kebun Raya Bogor, hutan kotanya alami, luas. Memadailah untuk hutan kota seperti Kebun Raya Parepare ini,” puji Nevy yang berasal dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Nevy mengisahkan, pimpinannya di KLHK adalah kelahiran Parepare. Sehingga banyak bercerita tentang Parepare, kota kecil yang indah.

Nevy juga mengapresiasi Parepare, tempat kelahiran Presiden ke-3 RI, BJ Habibie. Dia juga mengidolakan tokoh dunia dan nasional itu. Karena itu, saat berada di Balai Ainun Habibie Parepare, menilai Sekretariat Puspaga Peduli Ta, Nevy dan dua anggota tim lainnya memborong belanja sovenir ikonik BJ Habibie.

Di penghujung penilaiannya, Nevy pun mendoakan Parepare mendapatkan penghargaan Kota Sehat kategori tertinggi, Swasti Saba Wistara untuk keempat kalinya berturut-turut. “Berdoa, semoga Parepare masuk dalam Kota Sehat Wistara keempat kalinya,” harap Nevy. (Hms/Propim)