Workshop Champion of Innovation, Kiat Parepare Gelorakan Semangat Sekolah Berinovasi

69

PAREPARE — Lembaga Administrasi Negara (LAN) RI mengapresiasi pelaksanaan Workshop Champion of Innovation (WCI) yang digelar Pemerintah Kota Parepare melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda).

Apresiasi itu disampaikan Kepala Pusat Inovasi Administrasi Negara LAN RI, Isti Herini. Dia memuji Parepare tidak hanya sukses menunjukkan capaian dalam hal pembangunan fisik, dan ikon Kota Habibie, tapi juga sebagai daerah yang konsisten dalam melahirkan segudang inovasi tanpa henti.

“Saya sangat terkesan Parepare tidak puas-puasnya menghasilkan berbagai inovasi. Sekarang menyasar guru-guru SMP. Ini adalah bentuk upaya dan komitmen Pemkot Parepare yang konsisten dalam melahirkan inovasi,” puji Isti Heriani.

Isti mengemukakan, WCI selama ini hanya dilakukan oleh LAN RI, namun kali ini diinisiasi oleh Pemda melalui Bappeda Parepare. “Kami juga apresiasi penyelenggara, cukup inovatif karena selama ini hanya dilakukan oleh LAN. Saya angkat jempol pemikiran penyelenggara,” ungkap Isti.

WCI yang digelar secara virtual diikuti oleh 40 guru SMP di Parepare, Kamis, 4 November 2021. Kegiatan dibuka oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Parepare, H Iwan Asaad, dihadiri Deputi Kajian Kebijakan dan Inovasi Administrasi Negara LAN RI, Dr Tri Widodo, Kapus Inovasi Administrasi Negara LAN, Isti Heriani, dan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Parepare, Arifuddin Idris.

Sekretaris Bappeda Parepare, Zulkarnaen Nasrun atas nama Kepala Bappeda Parepare, Samsuddin Taha dalam laporannya mengatakan, WCI kali ini dikhususkan bagi guru SMP untuk mewujudkan pendidikan lebih bermutu dan berkualitas.

“Tujuan untuk membangkitkan semangat inovasi di lingkungan sekolah, membentuk aparatur guru mengembangkan inovasi dalam meningkatkan proses pembelajaran di sekolahnya,” kata Zulkarnaen.

Setelah Daring, para peserta WCI juga akan mengikuti workshop secara Luring yang diagendakan pada 10 hingga 11 November 2021.

Sekda Parepare, Iwan Asaad menekankan, pelaksanaan WCI ini menjadi bagian dalam mengakselerasi inovasi-inovasi yang lahir di kalangan guru. “Ini adalah bagian daripada menggali potensi dari para pendidik dengan harapan dapat melahirkan ASN yang inovatif,” harap Iwan.

Iwan mengungkapkan, WCI merupakan wadah dalam menggelorakan inovasi di lingkungan sekolah sebagaimana instruksi Wali Kota Parepare, Dr HM Taufan Pawe, dengan melihat peran guru dalam mencerdaskan bangsa dan memajukan pendidikan, khususnya di Kota Parepare.

“Pendidikan merupakan salah satu pilar penyangga dalam visi misi Wali Kota Parepare dalam mewujudkan Kota Industri Tanpa Cerobong Asap,” tandas mantan Kepala Bappeda Parepare ini. (Hms/Propim)