Inovasi Medical Tourism Jadikan Taufan Pawe Kepala Daerah Inovatif Tingkat Nasional

53

JAKARTA — Grup media nasional, MNC Group atau MNC Portal Indonesia memberikan anugerah penghargaan kepada kepala daerah di Indonesia yang dinilai inovatif.

Penghargaan bertajuk Kepala Daerah Inovatif ini, salah satunya diberikan kepada Wali Kota Parepare, Dr HM Taufan Pawe.

Wali Kota Parepare dua periode itu dinilai sukses menghadirkan inovasi di bidang kesehatan di Kota Parepare, Provinsi Sulawesi Selatan. Inovasi itu adalah Rumah Sakit Regional dr Hasri Ainun Habibie dengan konsep Medical Tourism yang memadukan antara pelayanan kesehatan dan keindahan alam Parepare.

Penghargaan diserahkan langsung oleh Executive Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo bersama Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki pada Malam Puncak Penganugerahan Kepala Daerah Inovatif (KDI) 2021 yang berlangsung di MNC Conference Hall, Inews Tower, Jakarta, Jumat, 5 November 2021.

Ada empat kategori penghargaan di ajang ini yakni, ekonomi, pelayanan publik, kesehatan, dan pendidikan. Ada 16 kepala daerah berprestasi yang mendapatkan penghargaan dari MNC Portal Indonesia atas inovasi dan terobosannya dalam membangun daerah di tengah pandemi Covid-19. Wali Kota Parepare Taufan Pawe salah satunya yang mendapatkan penghargaan kategori bidang kesehatan. Dan menjadi satu-satunya kepala daerah di Sulsel yang mendapatkan penghargaan KDI.

Bagi Taufan Pawe, penghargaan ini melengkapi kado delapan tahun kepemimpinannya di Parepare, sekaligus menggenapkan 204 penghargaan yang diraihnya selama delapan tahun menahkodai Parepare.

Taufan Pawe menekankan, inovasi menghadirkan rumah sakit berkonsep Medical Tourism adalah satu dari sekian banyak inovasinya dalam memajukan Parepare. Kota yang dikenal sebagai tempat kelahiran Presiden ke-3 RI, BJ Habibie.

Disebut Medical Tourism, karena RS dr Hasri Ainun Habibie–diambil dari nama mendiang istri BJ Habibie, Hasri Ainun Habibie, karena rumah sakit ini dilengkapi fasilitas memadai layaknya hotel berbintang lima ditunjang pemandangan alam eksotisme di depannya.

Bahkan Taufan Pawe berharap, pasien yang datang ke rumah sakit itu bisa langsung sembuh sebelum berobat. “Dengan konsep medical tourism ini saya berharap para pasien bisa langsung sembuh saat mereka datang berobat. Melihat pemandangan di sekeliling, ada Tonrangeng River Side, wisata bahari, hingga menikmati aneka jajanan kuliner menyambut kedatangan pasien di area rumah sakit yang menjadi kebanggaan masyarakat Parepare dan Sulawesi Selatan ini,” kata Taufan Pawe, yang juga Ketua DPD I Partai Golkar Sulsel.

Kini, rumah sakit penyangga pilar kesehatan dan kepariwisataan dalam visi mewujudkan Kota Industri Tanpa Cerobong Asap Parepare itu telah resmi bekerja sama dengan BPJS Kesehatan, dan bisa melayani pasien BPJS Kesehatan.

Hary Tonoe Sebut Kepala Daerah Hebat

Pemilik MNC Group, Hary Tanoesoedibjo atau Hary Tanoe mengucapkan selamat kepada sejumlah kepala daerah yang mendapatkan penghargaan dari MNC Portal Indonesia (MPI). Menurut Hary Tanoe, capaian para kepala daerah sangat luar biasa karena masih bisa bangkit di tengah pandemi Covid-19.

“Kepada para penerima award saya ucapkan selamat, selamat, selamat, ini hal luar biasa di tengah pandemi masih bisa memajukan ekonomi daerah,” ucap Hary Tanoe.

Hary Tanoe teringat perjuangannya dalam berbisnis saat perekonomian tengah tidak menentu. Pertama saat krisis moneter pada 1998. Lalu kedua, saat pandemi Covid-19 pada awal 2020 lalu. Tapi dia tidak menyerah dan akhirnya bisa bangkit dari keterpurukan hingga bisnisnya menjadi sangat maju.

Dalam konteks ini, dia melihat kepala daerah yang mampu memajukan perekonomiannya di tengah pandemi sangat luar biasa. Karena itulah Hary Tanoe melalui MPI memberikan apresiasi melalui penganugerahan ini.

“Ini acara untuk apresiasi kepada yang berprestasi yang situasinya tak mudah, pandemi. Kalau daerah maju, Indonesia akan luar biasa,” tandas Hary Tanoe.

MNC Portal Indonesia menyelenggarakan penganugerahan Kepala Daerah Inovatif tiap tahunnya sejak 2014. Sudah ada ratusan kepala daerah yang telah menerima award tersebut.

Pada malam penganugerahan KDI kali ini, ikut hadir Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki yang sekaligus menjadi keynote speaker, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, dan Sesditjen Otda Kemendagri Maddaremmeng. (Hms/Propim)