Lomba Perahu Hias Maknai 8 Tahun Kepemimpinan Taufan Pawe di Festival Salo Karajae ke-8

81

PAREPARE – Lomba perahu hias seru pada Festival Salo Karajae ke-8 tahun ini tepat di 8 tahun kepemimpinan Wali Kota Parepare, Dr HM Taufan Pawe.

Festival tahunan yang sudah menjadi kalender event resmi nasional ini kembali digelar Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare melalui Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar), setelah tahun lalu tidak diadakan akibat pandemi Covid-19.

Tahun ini kembali dipusatkan di Kawasan Tonrangeng River Side, Kelurahan Lumpue, Kecamatan Bacukiki Barat, Parepare, dengan menerapkan protokol kesehatan ketat.

Nuansa tahun ini terasa lebih bermakna karena bertepatan momen 8 tahun kepemimpinan Taufan Pawe. Taufan Pawe yang resmi membuka langsung Festival Salo Karajae pada malam refleksi 8 tahun kepemimpinannya, Senin, 8 November 2021.

Besoknya, Selasa 9 November 2021, kemeriahan Festival Salo Karajae terasa dengan lomba menghias perahu bertema 8 Tahun Kepemimpinan Taufan Pawe.

Pada lomba ini, para peserta yang merupakan perwakilan dari setiap SKPD di Parepare diberi kesempatan menghias perahu masing-masing sekreatif mungkin yang kemudian berlayar pada rute yang telah ditentukan. Ada 21 peserta yang ikut dalam lomba hias perahu ini.

Kepala Bidang Promosi dan Pemasaran Pariwisata Disporapar Kota Parepare, Andi Bau Rahmah mengungkapkan, lomba perahu hias dilaksanakan secara hibrid dan tetap dilaksanakan di on the spot. “Karena kondisi masih dalam pandemi Covid-19, sehingga tidak dilaksanakan secara seremonial seperti tahun-tahun sebelumnya,” katanya.

Rute lomba mulai dari Taman Mattirotasi, ada juga dari sekitar RS Regional dr Hasri Ainun dan Tonrangeng River Side.

Poin penilaian adalah tema secara umum 8 Tahun Kepemimpinan Wali Kota Parepare dan Festival Salo Karajae ke-8, ditambah kreativitas peserta dalam menghias perahu.
“Pengumuman pemenangnya nanti di akhir kegiatan karena Festival Salo Karajae dilaksanakan selama sepekan. Pada penutupan akan diumumkan juara 1, 2, dan juara 3,” tandas Andi Bau Rahmah. (Hms/Propim)