Sukses Lomba Kebersihan Permukiman Kelurahan se-Parepare, Juara 1 RW 5 Mallusetasi, Juara 2 BCR, Juara 3 Watang Bacukiki

40

PAREPARE — Pemerintah Kota Parepare melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) sukses menggelar lomba kebersihan lingkungan perumahan/permukiman Kelurahan se-Kota Parepare 2021.

Pengumuman pemenang sekaligus penyerahan hadiah dilakukan di Kebun Raya Jompie, Parepare, Jumat, 19 November 2021.

Hasilnya, juara 1 diraih RW 5 Kelurahan Mallusetasi Kecamatan Ujung, juara 2 Perumahan Bumi Carlos Residence (BCR) Kelurahan Bumi Harapan Kecamatan Bacukiki Barat, dan juara 3 RW 5 Kelurahan Watang Bacukiki Kecamatan Bacukiki. Menyusul juara harapan 1 RW 4 Kelurahan Ujung Bulu Kecamatan Ujung, harapan 2 RW 6 Kelurahan Labukkang Kecamatan Ujung, dan harapan 3 Perumahan D’Nailah Kelurahan Galung Maloang Kecamatan Bacukiki.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Parepare, Budi Rusdi mengapresiasi para pemenang lomba kebersihan tingkat Kelurahan se-Parepare ini.

Budi mengemukakan, lomba ini masih rangkaian dari momentum peringatan 8 tahun kepemimpinan Wali Kota Parepare, Dr HM Taufan Pawe.

“Tujuan dari lomba ini adalah memotivasi kepada masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan di wilayah masing-masing, serta menjadi evaluasi tingkat kebersihan pada wilayah Kelurahan di Kota Parepare. Di mana lokasi perumahan/permukiman juga menjadi titik penilaian Adipura,” ungkap Budi.

Dia mengharapkan ke depan dilaksanakan lomba lomba kebersihan di Parepare, untuk mendukung dan mempertahankan Adipura di tahun mendatang.

Budi pun menyampaikan selamat kepada para pemenang lomba. Dia berharap dan mengajak masyarakat Parepare untuk terus menjaga dan merawat kebersihan lingkungan.

Penilaian pada lomba itu dilakukan oleh tim dari Dinas terkait dan Forum Komunitas Hijau (FKH) Parepare atas berbagai indikator terutama pada ruang terbuka hijau (RTH).

Perumahan Bumi Carlos Residence (BCR) Kelurahan Bumi Harapan, Kecamatan Bacukiki Barat, berhasil menjadi salah satu pemenang.

“Alhamdulillah kita juara terbaik ke-2 dalam ajang lomba ini. Kita bangga dan bersyukur dapat meraih penghargaan itu. Ini hasil dari kekompakan warga komplek dalam menjaga dan merawat lingkungan yang bersih. Terima kasih kepada Pak Lurah yang mendukung kami,” ujar Joni Tanbila, Kepala Lingkungan di Perumahan BCR.

Dia berharap ke depan raihan ini dapat dipertahankan dan bahkan ditingkatkan. Mengingat perumahan itu mengandalkan keasrian lingkungan karena ruang terbuka hijaunya (RTH) yang cukup memadai.

“Kita punya RTH yang memadai. Lingkungan kami bersih, aman, asri, dan teduh. Itu akan kita pertahankan dengan bimbingan dari Pak Lurah, terutama kekompakan warga kompleks,” ungkap Joni.

Kepala Bidang Peningkatan Kapasitas Lingkungan DLH Parepare, Jenamar Aslan menjelaskan, penilaian lomba kebersihan dilakukan pada lokasi perumahan/permukiman usulan dari 22 Kelurahan di Parepare.

“Indikator penilaiannya adalah kebersihan area permukiman, drainase, RTH, dan pengelolaan sampah dengan metode penilaian menggunakan skala likers rentang nilai 30 sampai 90 poin. Itu kami laksanakan sejak tanggal 13 hingga 16 November 2021,” jelasnya.

Sementara salah satu tim penilai yang merupakan Ketua Forum Komunitas Hijau (FKH) Parepare, H Bakhtiar Syarifuddin mengungkapkan, dalam melakukan penilaian dia mengedepankan obyektivitas.

Dia mengapresiasi perumahan dan kelurahan yang terpilih sebagai pemenang. Dia menekankan, pemenang lomba kebersihan ini termasuk perumahan yang memiliki standar layak huni.

“Kita telah memotret perwajahan kuantitas dan kualitas RTH di pemukiman dan perumahan di setiap Kelurahan sepanjang 8 tahun terakhir. Kita ingin memastikan tingkat derajat kualitas lingkungan hidup yang bersih, sehat dan hijau. Kita obyektif dan kita harapkan hadirnya pemukiman dan perumahan yang layak huni bagi warga Parepare,” harap Wakil Ketua Umum KONI Parepare ini.

HBS, akronimnya menambahkan, menghadapi iklim pemanasan global yang telah melanda berat kehidupan warga perkotaan, pemenuhan ketersediaan RTH yang berkualitas di setiap pemukiman dan perumahan sudah menjadi keharusan.

“Sehingga melalui ajang lomba ini diharapkan menjadi momentum yang tepat untuk memicu dan memacu kesadaran warga masyarakat dalam menjaga dan melestarikan lingkungan hidup disekitarnya,” tandas Bakhtiar Syarifuddin.

Piala juara lomba kebersihan diterima langsung oleh masing-masing Lurah serta Ketua RW dan perumahan yang terpilih sebagai juara pada perlombaan kebersihan perumahan/permukiman Kelurahan se-Parepare 2021. (Hms/Propim)