Menghibur dan Kreatif, Ketua TP PKK Kota Parepare Ajak FCC Lomba Salawat dan Tausiyah di Perjalanan Bandung-Tasikmalaya

122

BANDUNG — Pembina Family of Creative Communiy (FCC) yang juga Ketua Tim Penggerak PKK Kota Parepare, Hj Erna Rasyid Taufan punya cara kreatif dan edukatif dalam menghibur rombongan studi tiru. Perjalanan dari Bandung ke Tasikmalaya yang memakan waktu berjam-jam lamanya ini dimanfaatkan dengan menggelar lomba salawat di atas bus.

Bagi rombongan yang dihuni para perempuan cantik dan gaul dari berbagai profesi ini bisa menirukan teknik salawat versi Erat, akronim Erna Rasyid Taufan, akan diberikan hadiah berupa uang yang disiapkan istri Taufan Pawe, Wali Kota Parepare itu.

“Saya akan contohkan. Bagi yang bisa menyamakan saya kasi hadiah, tapi jangan disaingi nah,” ujar Erna sambil berkelakar dengan cara khasnya. Sontak para anggota rombongan yang mulai lesu dan suntuk bertepuk tangan. “Wih susah cengkok-cengkoknya, ulang lagi bu supaya bisa kami tiru,” timpal Andi Soraya, salah seorang pengurus FCC hingga akhirnya mengacungkan tangan ikut berlomba.

Meski tidak mampu menyamai cara salawat Erna, namun dia tetap diberi hadiah berupa uang. “Yang saya nilai adalah keberaniannya,” beber Erna.

Usai lomba salawat, Erna kembali memberikan tantangan lomba menghafal mukhadimah ceramah. “Ini kita praktikkan besok. Hafal-hafal memangmeki,” pesan Erna.

Tampaknya cara ini mampu menarik perhatian rombongan. Saat ketertarikan itu muncul, Erna langsung melanjutkan mukhadimah ke inti ceramah. Ceramah tentang kehidupan dan keesaan Allah ini pun membuat salah seorang pengurus FCC terharu dan acungkan tangan.

“Sebenarnya saya suka mabuk dalam perjalanan apalagi kalau jalan berbelok-belok seperti ini tapi Alhamdulillah barusan ini tidak karena dihibur oleh Ibu Pembina (Erna Rasyid Taufan) yang luar biasa,” ungkap Rosmiati Sannang, Divisi Litbang FCC.

Pujian senada juga dikatakan Ir Yachfa, Divisi Sosial dan Kesejahteraan Masyarakat FCC. “Sama dengan yang dikatakan Ibu Rosmiati saya juga suka mabuk tapi Alhamdulillah karena suasana dalam bus sangat membahagiakan apalagi kita dihibur Ibunda Pembina kita yang sangat menginspirasi kita Ibu Hj Erna Rasyid Taufan,” puji Yachfa menghentikan sejenak pernyataannya karena tidak dapat menahan haru.

“Kami sangat bahagia punya dua orang pembina seperti Ibu Lis dan Ibu Erna. Ibu jujur, jarang sekali Ibu pejabat, ibu Wali Kota seperti kita. Sangat menginspirasi kami, dan apalagi suka memberikan wejangan, tausiah kepada kami semua dan itu jarang dimiliki oleh ibu-ibu pejabat,” kata Yachma yang merupakan salah satu Ketua RW di Makassar ini.

Selain lomba salawat, tausiyah, dan bernyanyi, perjalanan itu juga diwarnai dengan tanya jawab mengenai keagamaan yang ditujukan kepada Erna Rasyid Taufan. (hms/propim)