Walikota Parepare Instruksikan Jajaran Sosialisasikan Kebijakan Pusat Terkait Harga Minyak Goreng

90

PAREPARE — Walikota Parepare, Dr HM Taufan Pawe menginstruksikan jajarannya khususnya Dinas Perdagangan untuk bergerak cepat mempublikasikan kepada masyarakat terkait kebijakan Pusat tentang harga minyak goreng.

Hal itu berdasarkan program Pemerintah Pusat melalui Menteri Perdagangan RI, Muhammad Lutfi yang menetapkan kebijakan minyak goreng satu harga, yakni Rp14 ribu per liter. Program itu berlaku mulai Rabu, 19 Januari 2022.

“Saya sudah minta Dinas Perdagangan sosialisasikan ke masyarakat harga jual minyak goreng sesuai kebijakan Pusat di ritel, minimarket, sampai pasar-pasar. Ini penting untuk menjaga stabilitas harga minyak goreng agar daya beli masyarakat stabil. Sekaligus membantu masyarakat untuk pemulihan ekonomi berkelanjutan,” kata Taufan Pawe.

Secara terpisah, Kepala Dinas Perdagangan (Disdag) Kota Parepare, Prasetyo Catur K mengaku sudah meminta jajarannya untuk turun memantau pelaksanaan kebijakan tentang harga minyak goreng itu di ritel atau minimarket modern.

“Jadi subsidi Pemerintah itu Rp7,6 triliun per 6 bulan. Semua minyak goreng yang beredar di Indonesia disubsidi oleh BPDP-KS kerja sama dengan Pemerintah mulai 19 Januari sampai 6 bulan ke depan. Itu untuk semua kemasan, baik 1 liter, 2 liter, 5 liter, dan 25 liter,” ungkap Prasetyo.

Melalui kebijakan ini, Prasetyo berharap, kebutuhan minyak goreng masyarakat dapat terpenuhi sehingga pencanangan tahun pemulihan ekonomi berkelanjutan oleh Wali Kota Parepare, dapat terlaksana dengan baik.

“Masyarakat diharapkan pula untuk tidak memborong. Mungkin ada kebijakan dari ritel untuk membatasi jumlah pembelian,” tandas Prasetyo. (hms/propim)