Buka Musrenbang RKPD, Walikota Parepare Ingatkan Sinergitas-Kolaborasi Hasilkan Perencanaan Pembangunan Berkualitas

81

PAREPARE — Walikota Parepare, Dr HM Taufan Pawe membuka resmi Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) 2023 di Ruang Pola Kantor Walikota Parepare, Kamis, 20 Januari 2022.

Dalam kesempatan itu, Taufan Pawe menekankan tentang tema Musrenbang yakni Pemantapan Pertumbuhan Ekonomi, Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat dan Pembangunan Manusia yang Berkualitas dan Berkarakter. “Saya rasa tema ini sangat aspiratif. Karena diharapkan agar pelaksanaan kegiatan pembangunan dapat memperkuat perekonomian daerah yang mulai menggeliat kembali berkat kebijakan-kebijakan Pemerintah Daerah yang mampu mensinergikan penanganan sektor kesehatan dan sektor perekonomian,” ungkap Walikota bergelar doktor ilmu hukum ini.

Karena itu, Taufan mengemukakan, perlu dibangun sinergitas, koordinasi, dan kolaborasi antara seluruh perangkat daerah untuk menghasilkan perencanaan pembangunan berkualitas dan partisipatif yang mengakomodasi usulan prioritas masyarakat.

Tema pemantapan pertumbuhan ekonomi ini juga, kata Taufan, diharapkan dapat meningkatkan pendapatan dan daya beli masyarakat sehingga kesejahteraan masyarakat Parepare mengalami peningkatan secara signifikan.

“Tema ini juga menggambarkan komitmen Pemerintah Kota Parepare untuk terus mengembangkan sumber daya manusia, baik SDM aparatur maupun SDM seluruh masyarakat Kota Parepare sehingga Indeks Pembangunan Manusia Kota Parepare akan mencapai 78,98 sesuai sasaran dalam Perubahan RPJMD,” papar Wali Kota berlatar belakang profesional hukum ini.

Taufan juga menyinggung tentang Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD). Terbitnya Permendagri Nomor 70 Tahun 2019 tentang Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD), kata Taufan, maka Pemerintah Kota Parepare telah memanfaatkan aplikasi SIPD tersebut dalam penyusunan dokumen perencanaan dan penganggaran daerah. Hal ini sejalan dengan kebijakan Pemerintah Kota Parepare untuk terus menghadirkan tata kelola pemerintahan yang baik (Good Governance).

Di penghujung sambutannya, Walikota Parepare dua periode ini, kembali mengingatkan kepada seluruh masyarakat Parepare agar tidak lengah, tidak euforia dengan terkendalinya pandemi Covid-19.


“Melalui pelaksanaan Musrenbang ini, peserta diharapkan agar mematuhi protokol kesehatan secara ketat, tetap menggunakan masker dan menjaga jarak,” ingat Taufan.

Pembukaan Musrenbang dihadiri Wakil Walikota Parepare H Pangerang Rahim, Ketua DPRD Hj Andi Nurhatina Tipu, Sekda H Iwan Asaad, Staf Ahli, para Asisten, Kepala SKPD, Kabag Setdako, Camat, Lurah, Ketua LPMK, Gabungan Organisasi Wanita, dan Forum Anak Kota Parepare, serta Para Kasubag Program dan Keuangan yang mengikuti secara virtual. (hms/propim)