Bernuansa Adat dan Berkesan, Puncak Peringatan HUT ke-62 Parepare Aman dan Sukses

32

PAREPARE — Rapat paripurna DPRD Kota Parepare, menandai puncak peringatan hari ulang tahun ke-62 Parepare, Selasa, 1 Maret 2022.

Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman yang hadir bersama istri, Plt Ketua TP PKK Sulsel Naoemi Octarina, Ketua DPRD Sulsel Andi Ina Kartika Sari, dan jajaran pejabat Pemprov Sulsel dibuat terkagum dengan penyelenggaraan kegiatan.

Kegiatan memadukan nuansa tradisional, semua tamu undangan mengenakan pakaian adat Bugis, namun ruang kegiatan dikemas bernuansa modern lengkap dengan layar besar untuk tayangan visual.

Nilai plus acara ini, karena menerapkan protokol kesehatan ketat. Tamu yang hadir langsung di ruangan, wajib bebas Covid-19 dibuktikan dengan surat keterangan non reaktif hasil swab test antigen, dan negatif untuk PCR. Karena tamu terbatas hadir di ruangan, undangan umum yang ingin menyaksikan prosesi HUT disiapkan fasilitas virtual melalui zoom meeting.

Bagi pejabat eselon III A Pemkot Parepare, Camat, Lurah, beserta istri Kepala SKPD, istri Camat dan istri Lurah juga mengikuti acara secara virtual dari Ruang Pola Kantor Walikota Parepare. Sementara setiap SKPD mengikuti acara dari kantor masing-masing secara virtual, juga mengenakan pakaian adat Bugis.

Ketua Panitia HUT ke-62 Parepare, Prasetyo Catur mengatakan, kerja keras panitia terbayar dengan kesuksesan acara yang berlangsung tertib, aman, dan lancar mulai pembukaan sampai selesai.

“Alhamdulillah, bisa berjalan dengan baik dan sukses. Tentu ini berkat arahan dan dukungan Bapak Wali Kota, Bapak Wakil Walikota, Bapak Sekda, serta kekompakan dan kerja keras semua panitia,” ungkap Prasetyo usai prosesi peringatan HUT.

Prasetyo yang juga Kepala Dinas Perdagangan Parepare mengungkapkan, berdasarkan SK panitia bekerja selama tiga bulan, namun persiapan puncak kegiatan dilakukan dalam lima hari terakhir. “Persiapan final itu lima hari. Kami harus mempersiapkan segala sesuatunya siang dan malam. Alhamdulillah semuanya lancar dan aman. Terima kasih semuanya teman-teman panitia,” kata Pras, sapaannya.

Rapat paripurna peringatan HUT Parepare dipimpin oleh Wakil Ketua I DPRD Parepare, H Tasming Hamid, bersama Wakil Ketua II DPRD Parepare, M Rahmat Sjamsu Alam.

Peringatan HUT dirangkai dengan peresmian 10 proyek pembangunan fisik Parepare pada 2021 senilai total Rp85,4 miliar oleh Wali Kota Parepare, Dr HM Taufan Pawe yang disaksikan Plt Gubernur Andi Sudirman Sulaiman.

Dan Plt Gubernur Andi Sudirman meresmikan langsung proyek bantuan Provinsi yakni pembangunan akses Jalan Swaka Alam Lestari di Parepare senilai Rp9,6 miliar. Sekaligus Plt Gubernur menyerahkan secara simbolis bantuan keuangan Provinsi kepada Parepare senilai Rp30 miliar untuk dukungan pembangunan infrastruktur jembatan.

Usai prosesi peringatan HUT di DPRD Parepare, Plt Gubernur dan rombongan dijamu di kediaman pribadi Walikota Taufan Pawe, Jalan Jenderal Sudirman. Dari atas kediaman pribadi Taufan Pawe yang berhadapan laut, Plt Gubernur berkesempatan melihat progres pembangunan Masjid Terapung BJ Habibie. (hms/propim)