Buka Konsultasi Publik Ranwal RKPD 2023, Wawali Parepare Ingatkan Evaluasi dan Percepatan Pencapaian Target RPJMD

73

PAREPARE — Wakil Walikota Parepare, H Pangerang Rahim atas nama Walikota Parepare, Dr HM Taufan Pawe membuka resmi Konsultasi Publik Rancangan Awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah Kota Parepare 2023, Kamis, 10 Februari 2022.

Konsultasi publik yang berlangsung di Ruang Pola Kantor Wali Kota Parepare itu, turut dihadiri Sekda Kota Parepare, H Iwan Asaad, Kepala Bappeda Parepare, Samsuddin Taha, Kepala BKD Parepare, H Jamaluddin Achmad, para Kepala SKPD dan jajaran terkait.

Sambutan Walikota yang dibacakan Pangerang Rahim mengingatkan bahwa RKPD 2023 merupakan implementasi tahun terakhir dari RPJMD Kota Parepare 2018-2023.

“Untuk itu, Bappeda harus melakukan evaluasi terkait target-target RPJMD yang belum tercapai sehingga dapat dirumuskan kebijakan dan prioritas pembangunan yang solutif untuk percepatan pencapaian seluruh target pembangunan di akhir periode RPJMD,” ingat Pangerang.

Pangerang juga mengingatkan para Kepala SKPD untuk melakukan evaluasi mandiri terhadap pencapaian target kinerja yang telah ditetapkan dalam Renstra SKPD, sehingga dapat teridentifikasi target-target pembangunan yang belum tercapai. Dan selanjutnya diprioritaskan untuk dicapai pada 2023 sebagai akhir periode Renstra SKPD.

“Penetapan RKPD Kota Parepare Tahun 2023 akan dilakukan paling lambat akhir Juni 2022 melalui Peraturan Wali Kota Parepare,” kata Pangerang.

Penyusunan Rancangan Awal RKPD 2023 dilakukan melalui pendekatan teknokratik yaitu pendekatan yang dilakukan dengan menggunakan metode dan kerangka berpikir ilmiah untuk mencapai tujuan dan sasaran pembangunan daerah. Itu dengan berpedoman pada RPJMD, Rancangan Awal RKPD Provinsi Sulsel, Rencana Kerja Pemerintah, dan Program Strategis Nasional.

“Ini dimaksudkan agar tercipta keselarasan, dan sinergitas perencanaan pembangunan daerah dengan prioritas pembangunan provinsi dan prioritas pembangunan nasional. Sehingga, pembangunan daerah dapat berkontribusi pada pencapaian tujuan dan sasaran pembangunan nasional,” papar Pangerang.

Forum Konsultasi Publik Ranwal RKPD 2023 ini bertujuan untuk memperoleh masukan dan saran penyempurnaan Rancangan Awal RKPD 2023 dari seluruh stakeholders pembangunan daerah. Forum ini merupakan forum yang strategis untuk mendiskusikan isu-isu strategis dan permasalahan pembangunan daerah serta prioritas pembangunan daerah yang akan dilaksanakan pada 2023.

“Rancangan Awal RKPD 2023 ini selanjutnya akan disempurnakan berdasarkan Berita Acara Kesepakatan Forum Konsultasi Publik Ranwal RKPD. Hasil dari penyempurnaan Ranwal RKPD 2023 akan menjadi pedoman bagi perangkat daerah dalam menyempurnakan Rancangan Awal Renja SKPD 2023,” terang Pangerang.

Penyusunan RKPD ini dilakukan dalam beberapa tahapan. Mulai dari Penyusunan Rancangan Awal RKPD, Penyusunan Rancangan RKPD, Pelaksanaan Musrenbang RKPD, Penyusunan Rancangan Akhir RKPD, dan Penetapan RKPD.

Di penghujung sambutan, Pangerang mengingatkan bahwa Pemerintah Kota Parepare telah melakukan Pelatihan Pengelolaan Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD) bagi seluruh operator SIPD yang ada di kelurahan, kecamatan, SKPD, dan Operator SIPD Pokok-pokok Pikiran DPRD. Dia berharap, hasil pelatihan itu dapat dimplementasikan dengan baik dalam Penyusunan RKPD Kota Parepare 2023.

“Karena dalam era globalisasi saat ini, setiap daerah dituntut untuk terus bergerak maju mengembangkan seluruh potensi yang dimiliki yang pada akhirnya nanti berujung pada meningkatnya daya saing daerah. Seluruh kepala perangkat daerah dan segenap jajarannya harus menyadari sepenuhnya bahwa peningkatan daya saing daerah menjadi hal yang mutlak untuk memposisikan Kota Parepare sebagai wajah terdepan di Provinsi Sulawesi Selatan,” tandas Pangerang. (hms/propim)