Terobosan PKK Remaja, PKK Pangkep Akui Parepare Layak Jadi Percontohan di Sulsel

26

PAREPARE — Kota Parepare kembali menjadi tujuan studi banding atau studi tiru daerah lain. Kali ini karena kreativitas Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Parepare menghadirkan PKK Remaja, membuat daerah lain datang berguru.

TP PKK Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep) yang hadir di Parepare untuk berguru tentang PKK Remaja Kelurahan Watang Bacukiki, Kecamatan Bacukiki, Kamis, 10 Februari 2022.

Rombongan dipimpin Sekretaris TP PKK Pangkep, Mustabsyrha Sabrun bersama Ketua Pokja I PKK Pangkep, diterima Sekretaris PKK Parepare Wahyuni Chalik mewakili Ketua PKK Parepare Hj Erna Rasyid Taufan, Lurah Watang Bacukiki Muhlisa, dan Ketua PKK Watang Bacukiki.

“Kami ingin melihat seperti apa kegiatan-kegiatan Pokja I di Kota Parepare. Bagaimana PKK Remaja-nya, apa-apa kegiatan-kegiatan yang ada dalam PKK Remaja Pokja I secara khusus. Itu sebenarnya tujuan utama kami datang di Kota Parepare,” ungkap Mustabsyrha.

Setiba di Kelurahan Watang Bacukiki, dia mengaku terkesan dengan segala aktivitas penjemputan yang dilakukan oleh PKK Remaja Kelurahan tersebut.

“Mulai dari pertama kami turun dan disambut, kami sudah terkesan oleh aktivitas atau kegiatan-kegiatan oleh PKK Remaja. Mulai dari penjemputan semua yang bergerak adalah bagian dari PKK Remaja sampai kegiatan-kegiatan yang ada di ruangan,” puji Mustabsyrha.

Dia juga mengapresiasi simulasi bersama anak-anak PKK Remaja Parepare dan Forum Anak Kabupaten Pangkep. “Luar biasa dan sangat antusias untuk mengikuti kegiatan-kegiatan tersebut sehingga pada kesempatan ini, kami betul-betul mendapatkan kesempatan untuk memperoleh informasi dan ilmu,” lanjut Mustabsyrha.

Dia mengaku memilih Parepare, karena mendapatkan informasi bahwa Parepare satu-satunya daerah di Sulsel yang memiliki PKK Remaja. “Mungkin di setiap Kecamatan sudah ada PKK Remaja. Itulah yang menjadi alasan kami untuk menjadikan Parepare tujuan studi tiru kami,” tegasnya.

Hal lain yang menarik baginya, karena Parepare sudah menyandang predikat Kota Layak Anak (KLA) kategori Nindya. Sehingga PKK Parepare dinilainya layak jadi percontohan di Sulsel.

Sementara, Sekretaris PKK Parepare Wahyuni Chalik mengemukakan, PKK Remaja Watang Bacukiki sudah aktif berjalan, dan telah memiliki banyak program.

Hadirnya PKK Remaja di Kelurahan Watang Bacukiki, kata Wahyuni, sebagai wujud sinergi antara Pengurus PKK dan Pembina PKK di Kelurahan ini untuk membimbing PKK Remaja.

“Ini dimotori oleh Pembina PKK Kelurahan Watang Bacukiki dan Ketua TP PKK Kelurahan Watang Bacukiki Supardi. Jadi mereka berkolaborasi, Pengurus PKK Kelurahan Watang Bacukiki bersama membimbing PKK Remaja. Inilah yang mereka lihat ternyata PKK Remaja di Parepare betul-betul nyata dan memiliki banyak inovasi,” terang Wahyuni.

Pada hari yang sama, Kelurahan Watang Bacukiki juga mendapat kunjungan rombongan studi tiru dari PKK Kelurahan Bontang Lestari Kota Bontang, Kalimantan Timur. (hms/propim)