Prof Ansar Suyuti Ungkap Kehadiran ITH Berkat Perjuangan Walikota Parepare, Dukung Kota Industri Tanpa Cerobong Asap

27

PAREPARE — Rektor Institut Teknologi Bacharuddin Jusuf Habibie (ITH) Kota Parepare, Prof Dr Ansar Suyuti mengungkap bahwa kehadiran ITH di Kota Parepare berkat inisiasi dan perjuangan Walikota Parepare, Dr HM Taufan Pawe.

Ini dikemukakan Prof Ansar Suyuti dalam pelantikan dan pengambilan sumpah lima pejabat baru ITH di Kampus ITH Parepare, Jumat, 11 Februari 2022.

“Pendirian ITH adalah inisiasi Wali Kota Parepare, untuk mendukung visi misi kota industri tanpa cerobong asap yang berwawasan hak dasar dan pelayanan dasar menuju kota maju, mandiri, dan berkarakter, dengan tiga pilar yakni pendidikan, kesehatan, dan pariwisata,” ungkap Prof Ansar.

Prof Ansar mengulas bahwa ITH didirikan sejak 2014 melalui Perpres Nomor 152 Tahun 2014. Melalui proses panjang hingga tujuh tahun baru memiliki Rektor. Prof Ansar pun menjadi Rektor pertama ITH yang dilantik pada 5 Oktober 2021.

“Tapi itu baru Rektor saja, belum ada pejabatnya. Nanti hari ini baru ada pejabatnya. Nah, ITH yang baru lahir ini dibanding dengan perguruan tinggi lainnya yang sudah puluhan tahun berdiri, namun saya yakin dengan kebersamaan kita bisa (majukan ITH),” papar Ansar.

Dia berharap ITH akan melahirkan cikal bakal Habibie Habibie baru yang sejahterakan masyarakat melalui pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek).

Tugas para pejabat baru adalah mempersiapkan penerimaan mahasiswa baru ITH tahun ini. Awal Maret 2022, sudah ada 15 dosen ditempatkan di ITH, kemudian Mei dan Juni 2022 proses penerimaan mahasiswa. Rencananya ITH akan membuka tiga Program Studi (Prodi) untuk penerimaan awal ini, yakni Prodi Matematika, Prodi Sistem Informasi, dan Prodi Teknik Informatika. “Nantinya penerimaan melalui SBMPTN atau 100 persen mandiri itu akan menjadi tugas Wakil Rektor Bidang Akademik,” kata Ansar.

Sementara lima pejabat yang baru dilantik adalah Dr Ir Mohammad Mochsen Sir, Wakil Rektor Bidang Non Akademik, Dr Eng Armin Lawi, Wakil Rektor Bidang Akademik, Dr Eng Intan Sari Areni, Ketua Lembaga Penelitian Pengabdian Kepada Masyarakat dan Penjamin Mutu, Dr Ir Andi Ilham Latunra, Ketua Jurusan Sains, dan Dr Indar Chaerah Gunadin, Ketua Jurusan Teknologi Produksi dan Industri. (hms/propim)