Akui Kemajuan LPPL Parepare, KPID Sulsel Dukung Jadi yang Pertama di Indonesia Migrasi ke Siaran Digital

74

PAREPARE — Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Sulawesi Selatan mengakui perkembangan dan kemajuan Lembaga Penyiaran Publik Lokal (LPPL) milik Pemerintah Kota Parepare.

Hal ini diungkap Ketua KPID Sulsel, Hasrul Hasan, saat berkunjung ke Parepare. Rombongannya diterima oleh Plt Kepala Dinas Kominfo Parepare, Amarun Agung Hamka.

“Jadi, kita melakukan kunjungan di dua daerah, Parepare dan Pinrang. Kita monitoring dan evaluasi lembaga penyiaran milik Pemerintah Daerah. Kami melihat LPPL Pemkot Parepare ini cukup maju dan berkembang,” ungkap Hasrul Hasan.

Hasrul Hasan pun menanggapi rencana LPPL Pemkot Parepare yang dalam waktu dekat akan bermigrasi dari analog ke siaran digital.

“Langkah itu tentu kami dukung dan berharap segera terealisasi sehingga Parepare bisa menjadi kota pertama di Indonesia yang memiliki LPPL milik Pemerintah Daerah yang migrasi ke digital,” harap Hasrul.

Hasrul menjelaskan, jika berdasarkan aturan Kementerian Kominfo, Parepare masuk tahap 3 atau baru pada November 2022 nanti bisa melakukan migrasi.

“Namun Pemkot Parepare sangat antusias menyambut perkembangan teknologi digital ini dengan mulai mempersiapkan launching migrasi mereka. Bahkan saya dengar sudah bekerjasama dengan TVRI,” katanya.

Menurut Hasrul, sistem publikasi dan penyiaran di Parepare sejauh ini telah hidup. Pemerintah Kota Parepare sangat mendukung dan menjaga kemitraan dengan media swasta baik lokal maupun regional.

“Pemerintah Kota Parepare sangat terbuka dalam memberikan informasi yang ada. Kemitraannya cukup baik dengan media.
Radio dan televisi (Radio dan TV Peduli) milik Pemda juga kami lihat sangat didukung oleh Wali Kota,” puji Hasrul.

Plt Kadis Kominfo Parepare Amarun Agung Hamka menyampaikan terima kasih atas dukungan KPID.

Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Parepare itu berharap, KPID terus memberikan bimbingan demi perkembangan LPPL Parepare.

“Bapak Walikota telah memberikan support yang besar untuk perkembangan LPPL Parepare. Nah kami berharap juga bimbingan dukungan dari KPID Sulsel,” tandas Hamka, sapaannya. (hms/propim)