Ajak Masyarakat Vaksin, Walikota Parepare Tekankan Vaksinasi Kurangi Risiko Paparan Covid-19

23

PAREPARE — Walikota Parepare, Dr HM Taufan Pawe memimpin rapat virtual bersama jajaran di lingkup Pemkot Parepare, Rabu, 16 Februari 2022.

Rapat membahas penanganan Covid-19. Itu karena Pemerintah Pusat kembali memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Untuk Kota Patepare berada pada level 1.

Dalam arahannya, Walikota Parepare dua periode itu meminta masyarakat untuk segera melakukan vaksin atau melengkapi vaksinnya. Pemerintah Indonesia tengah mengejar target vaksinasi Covid-19 untuk mencapai herd immunity (kekebalan kelompok).

“Berdasarkan data, faktanya pasien Covid-19 yang masuk ke rumah sakit itu lebih didominasi pasien yang belum pernah divaksin ketimbang sudah divaksin (isolasi mandiri),” ungkap Taufan Pawe.

Pria yang akrab disapa TP ini menjelaskan, seseorang yang belum menerima vaksinasi berisiko kematian tinggi dan Long Covid. Seseorang yang sudah menerima vaksin dosis lengkap cenderung tak bergejala atau hanya merasakan gejala ringan saat terpapar virus Corona.

“Vaksinasi memang tidak berarti membuat seseorang kebal, tetapi bisa sangat menurunkan tingkat risiko paparan. Saya rapat berjam-jam seperti ini, ada tidak saya batuk. Saya tidak akan sekuat ini kalau saya belum divaksin,” tegas Taufan Pawe. (hms/propim)