Vaksinasi Covid-19 Sukses di Parepare, Lampaui 95 Persen Hingga Akhir Maret

58

PAREPARE — Vaksinasi Covid-19 masif yang dilakukan Pemerintah Kota Parepare bersama TNI, Polri, dan sejumlah elemen masyarakat sukses.

Buktinya, cakupan vaksinasi hingga akhir Maret 2022, melampaui 95 persen untuk dosis satu. Itu berdasarkan data yang dikeluarkan Komite Penanganan Corona Virus Disease 2019 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) per 30 Maret 2022.

Berdasarkan data itu, cakupan vaksinasi dosis satu Parepare menembus angka 95,48 persen atau tertinggi ketiga di Sulsel, setelah Luwu dan Palopo. Dan vaksin dosis dua di angka 77,33 persen atau yang tertinggi di Sulsel. Selisih dosis Parepare 18,15 persen.

Cakupan vaksinasi di Parepare ini bahkan sudah melampaui 95 persen, karena pada 31 Maret 2022, vaksinasi massal kolaborasi empat Kecamatan bersama Polres Parepare dan Kodim 1405 Mallusetasi sukses menyasar ratusan masyarakat untuk divaksin. Tidak sekadar vaksinasi, masyarakat yang sudah mendapatkan vaksin diberi bingkisan hadiah gratis beras, minyak goreng, atau gula pasir.

Camat Ujung Ardiansyah Arifuddin mengatakan, vaksinasi massal yang digelar di Alun-alun Kota Lapangan Andi Makkasau itu, khusus Kecamatan Ujung menyasar 387 masyarakat divaksin dosis satu, dosis dua, dan dosis tiga.

“Ada dua tim dari setiap Kecamatan ditambah tim klinik Polres dan RS Sumantri yang bertugas. Kami dari Kecamatan Ujung, tim vaksinator dari Puskesmas Madising Na Mario dan Puskesmas Lapadde,” kata Ardiansyah.

Hasilnya, Tim Puskesmas Madising Na Mario melayani vaksin 151 warga untuk dosis satu, dua, dan tiga. Sementara Puskesmas Lapadde melayani vaksin 236 warga untuk dosis satu, dua, dan tiga.

“Total masyarakat yang divaksin dosis satu, dua, dan tiga untuk Kecamatan Ujung 387 orang. Belum lagi Kecamatan Bacukiki, Bacukiki Barat, dan Soreang, juga mencapai ratusan orang yang dilayani. Jadi kami yakin vaksinasi hingga akhir Maret sudah melampaui 95 persen,” ungkap Ardiansyah.

Total sasaran vaksinasi di Parepare 114.922 orang. Per 30 Maret 2022, vaksinasi dosis satu sudah menyentuh 109.728 atau 95,48 persen, vaksinasi dosis dua 88.869 orang (77,33 persen), dan vaksinasi dosis tiga 12.094 orang (10,52 persen). Itu berdasarkan data KPCPEN.

Walikota Parepare, Dr HM Taufan Pawe sebelumnya mengemukakan, program Kebut Vaksinasi Covid-19 terus dimasifkan jajaran Pemerintah Kota Parepare bersama TNI dan Polri. Itu demi mengejar capaian target 95 persen hingga akhir Maret 2022.

“Parepare ketiga di Sulawesi Selatan untuk vaksin pertama, dan vaksin kedua nomor satu di Sulawesi Selatan. Karena itu saya minta semua Kepala Dinas, Camat, Lurah fokus hingga akhir Maret tembus 95 persen,” pinta Taufan Pawe.

“Saya peras inovasi dengan jajaran untuk mencapai target vaksinasi. Yang mau datang vaksin dibagikan Sembako. Pokoknya dalam jalankan tugas dan fungsi saya minta SKPD, sikat,” tegas Taufan Pawe. (hms/propim)