Dukung Parepare Kota Santri, ITH Buka Penerimaan Mahasiswa Jalur Penghafal Quran

90

PAREPARE — Perguruan tinggi negeri, Institut Teknologi Bacharuddin Jusuf Habibie (ITH) Kota Parepare siap membuka Pendaftaran Mahasiswa Baru (PMB) pada Juni 2022. ITH bakal membuka tiga program studi, yakni Prodi Matematika, Prodi Informatika, dan Prodi Sistem Informasi.

Wakil Rektor Bidang Akademik ITH Dr Eng Armin Lawi SSi MEng mengatakan untuk penerimaan mahasiswa angkatan pertama ini, ITH akan menerima 360 mahasiswa. Terdiri dari 80 mahasiswa Prodi Matematika, 120 Prodi Sistem Informasi, dan 160 Prodi Informatika. “Untuk seleksinya akan digelar di Parepare dan mengutamakan putra daerah,” ujar Armin Lawi kepada wartawan, Selasa, 5 April 2022.

Armin mengemukakan, seleksi PMB ITH melalui tiga jalur, yakni seleksi jalur mandiri, seleksi prestasi olahraga, dan jalur seleksi penghafal Al-Qur’an.

Adapun masing-masing kuota mahasiswa yang akan diterima dari tiga jalur seleksi tersebut, adalah 82 persen diterima melalui seleksi mandiri, 15 persen melalui seleksi prestasi, dan sisanya melalui seleksi jalur penghafal Qur’an.

“Kami masukkan seleksi jalur penghafal Qur’an karena Parepare ini dikenal dengan Kota Santri dan Ulama,” ungkap Armin.

Armin menambahkan, sesuai tahapannya, setelah proses seleksi mahasiswa dilakukan, maka pada Agustus 2022 proses perkuliahan sudah dimulai dan akan berlangsung di Kampus I ITH (eks Kantor BKPSDMD Parepare). Di Kampus I, kata dia, seluruh ruangan, sarana dan perangkat sudah disiapkan oleh ITH. “Kita sudah siap, termasuk sarana dan ruangan perkuliahan yang lengkap dengan laboratorium,” katanya.

Calon mahasiswa, kata Armin, tidak mesti harus jurusan MIPA, tapi bisa semua jurusan dari lulusan SMA dan SMK. Pendaftar juga dipersyaratkan hanya yang lulus SMA atau SMK tiga tahun terakhir.

“Kalau sosialisasi secara online kita sudah tracking dan Alhamdulillah mendapatkan respons yang cukup positif dari masyarakat,” terangnya.

“ITH diemban menjadi universitas terbaik di Indonesia bahkan internasional. Kami cukup percaya diri bersaing, nasional maupun internasional,” tandas Armin. (hms/propim)