PAREPARE — Wali Kota Parepare, Dr HM Taufan Pawe bersama jajaran Forkopimda mengikuti upacara Hari Bhayangkara ke-76 tingkat Kota Parepare, yang dipusatkan di Lapangan Batalyon B Pelopor Brimob Parepare, Selasa, 5 Juli 2022.

Secara nasional, pusat pelaksanaan upacara berlangsung di Lapangan Akademi Kepolisian, Semarang, Jawa Tengah. Presiden Joko Widodo yang bertindak sebagai inspektur upacara.

Wali Kota Parepare, Taufan Pawe, usai mengikuti upacara, menyampaikan ucapan selamat Hari Bhayangkara ke-76. “Sebagai anak bangsa tentu harus berbangga dengan eksistensi Polri yang kini sudah berusia 76 tahun,” kata Taufan Pawe.

Khusus di Kota Parepare, kata Taufan Pawe, tidak bisa dipungkiri ini adalah wilayah yang masyarakatnya merasakan aman dan nyaman. “Karena kemitraan Pemerintah Kota Parepare dengan institusi Polri dan TNI tidak perlu diragukan lagi,” tegas Wali Kota Parepare dua periode ini.

Tantangan ke depan, kata Taufan Pawe, adalah bagaimana menangkal kejahatan melalui teknologi yang semakin maju dan modern.

“Seperti arahan Bapak Presiden Joko Widodo tadi melalui virtual menekankan, agar kejahatan melalui teknologi yang semakin hari semakin maju dapat ditangkal. Saya berharap kepada Polri maupun TNI dalam situasi ini kita harus siaga terus, tetap meningkatkan SDM intitusi kepolisian agar dapat menangkal kejahatan ini,” harap Taufan Pawe.

Pemkot Parepare, kata dia, siap bersinergi turun bersama untuk memberikan informasi dan edukasi serta mentransformasi perkembangan-perkembangan kekinian terkait kejahatan modern saat ini.

“Kemitraan antara Polri dan Pemerintah Kota Parepare harus terjalin dalam frame untuk mensejahterakan masyarakat, salah satu instrumennya yaitu memberikan rasa aman dan nyaman. Polisi saat ini sudah menjadi sahabat rakyat,” ujar Taufan Pawe.

Sementara Kapolres Parepare, AKBP Andiko Wicaksono mengatakan, bahwa di Hari Bhayangkara ke-76 akan berupaya maksimal sesuai tema yakni Polri yang Presisi Mendukung Pemulihan Ekonomi dan Reformasi Struktural untuk Mewujudkan Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh.

“Mendukung penuh pembangunan ekonomi dan juga reformasi struktural dengan meningkatkan sinergitas yang terjalin selama ini utamanya dengan Pemerintah Kota Parepare dan seluruh Forkopimda serta tokoh agama dan masyarakat agar tercapai situasi Kamtibmas yang kondusif,” tandas Kapolres. (hms/propim)